A. Rahman: LHP BPK Jadi Barometer Pengelolaan Keuangan Pemerintah

702

MATARM, Warta NTB – Wakil Walikota Bima H. A. Rahman H. Abidin SE, menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Semester II Tahun Anggaran 2017 dari Perwakilan BPK Provinsi NTB di Mataram, Senin (18/12/2018). Wakil Walikota hadir bersama Ketua DPRD Kota Bima Fery Sofiyan SH.

LHP diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi NTB Wahyu Priyono SE M.M Ak C.A, disaksikan Wakil Gubernur NTB H. Muhammad Amin.

BPK merupakan satu-satunya lembaga yang bertugas memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara yang dilakukan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, lembaga negara lainnya, Bank Indonesia, BUMN, Badan Layanan Umum (BLU), BUMD, dan lembaga atau badan lain yang mengelola keuangan negara.

Laporan Hasil Pemeriksaan merupakan hasil pemeriksaan BPK berdasarkan pelaksanaan mandat tugas pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. LHP BPK meliputi LHP atas laporan keuangan, LHP kinerja, dan LHP dengan tujuan tertentu.

LHP BPK disampaikan kepada lembaga perwakilan DPR, DPD, dan DPRD serta Presiden, Gubernur, Bupati dan Walikota untuk ditindaklanjuti sesuai dengan kewenangannya. LHP yang telah disampaikan kepada lembaga perwakilan terbuka untuk umum, kecuali LHP investigatif.

“LHP ini akan jadi barometer kedepan untuk terus memperbaiki dan meningkatkan kinerja aparatur pemerintah dalam mengelola keuangan Pemerintah Kota Bima yang transparan dan akuntabel,” kata Wakil Walikota. (WR-02)