46 Siswa SDN Inpres Waro dan SDN Tolouwi Ikuti Simulasi ANBK

212

BIMA, Warta NTB – Sebanyak 46 siswa yang terdiri dari gabungan Sekolah Dasar (SD) Inpres Waro dan SDN Tolouwi, Kecamatan Monta, Kabupaten Bims menjalani Simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang berlokasi di SDN Inpres Waro, Jumat (22/10/2021).

Kepala SDN Inpres Waro Herimurni, S.Pd SD yag ditemui di lokasi ANBK mengatakan, simulasi ANBK ini bertujuan untuk penjaringan mutu sekolah dalam mendidik anak selama mengikuti proses pembelajaran.

“Kami laksanakan simulasi tersebut bersama dengan 23 siswa SDN Tolouwi dan 23 dari SDN Inpres Waro jadi keseluruhan siswa yang ikut asesmen ini ada sebanyak 46 siswa,” uraiannya.

Proses asesmen ini sangat penting dilakukan untuk mengevaluasi sekaligus memperbaiki mutu pembelajaran. “Selain itu juga untuk melatih pola pikir anak menjadi lebih kritis ketika menyelesaikan suatu permasalahan,” tambahnya.

Di tempat yang sama Kepala SDN Tolouwi Salahudin, S.Pd mengatakan, simulasi ANBK diikuti oleh siswa kelas V dan diharapkan ketika mereka sudah naik ke kelas VI nanti mereka sudah yang siap menghadapi ujian sekolah.

“Selama sarana prasarananya ada semua bisa diikuti siswa dengan lancar, sekarang memang sekolah kami terkendala dengan jaringan, jadi menginduk di SDN Inpres Waro” ujarnya

Menurutnya, ANBK tentu berdampak positif bagi siswa di masa depan dan akan menjadi pribadi yang lebih matang dalam menghadapi setiap ujian.

“Diharapkan selain tenaga pendidik, orang tua serta peserta didik bisa mendukung program asesmen. Mudah-mudahan dengan adanya pelaksanaan ini sekolah bisa semakin berkembang dalam mewujudkan kualitas pendidikan yang lebih baik,” harapnya. (WR-Al)