45 Siswa SMAN 1 Monta Ikut Asesmen Nasional Berbasis Komputer

451

BIMA, Warta NTB – Sebanyak 45 siswa SMAN 1 Monta mengikut Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang digelar di ruangan Lab Komputer di sekolah setempat.

Kegiatan hari pertama, Senin (27/9/2021) terlihat dipantau langsung Kepala sekolah Drs. M. Fadil didampingi Wakasek Kurikulum M. Yusuf, M.Pd dan Wakasek Kesiswaan Andi Azis, S.Pd.

Pada kesempatan itu kepala sekolah menyampaikan, ANBK bagi siswa SMAN 1 Monta rencannya akan dilaksanakan selama dua hari, yakni hari ini dan besok tanggal 27 dan 28 September 2021.

Dijelaskan kepala sekolah, sesuai jadwal jenis asesmen pada hari pertama, yakni latihan 10 menit, literasi membaca 90 menit dan survei karakter selama 30 menit.

“Sementara untuk asesmen hari kedua, yakni latihan 10 menit, numerasi 90 menit dan survei lingkungan belajar selama 30 menit,” jelasnya.

M. Fadil menuturkan, ANBK merupakan program Pemerintah pengganti UNBK sebagai penilaian terhadap mutu sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

ANBK bertujuan untuk mengetahui gambaran karakteristik esensial sebuah sekolah dan madrasah yang efektif dalam mengembangkan kompetensi dan karakter siswa. Mulai dari ciri pengajaran yang baik, sampai program dan kebijakan sekolah yang membentuk iklim akademik, sosial, dan keamanan yang kondusif.

“Asesmen Nasional ini salah satu tolak ukur penilaiannya ada pada hasil belajar siswa yang mendasar yakni literasi, numerasi, dan karakter,” ujarnya.

Disampaikan pula bahawa ANBK yang dilaksanakan tidak ada kaitanya dengan nilai rapor, kenaikan kelas, dan kelulusan. maka untuk memperdalam pemahaman siswa terhadap soal-soal ANBK, kepala sekolah mengajak siswa agar lebih giat belajar.

“Mudah-mudah pelaksanaan ANBK ini bisa berjalan sesui rencana tanpa ada kendala dan siswa dapat mengerjakan soal-soal ANBK dengan baik,” harapnya. (WR-Al)