3 Unit Rumah dan 1 Kios di Desa Tolowata Ambalawi Hangus Terbakar

851
Kebakaran yang terjadi di Desa Tolowata, Kecamatan Ambalawi, Kabupaten Bima, Selasa (20/4/2021) sore.

BIMA, Warta NTB – Kebakaran hebat yang terjadi di Desa Tolowata, Kecamatan Ambalawi, Kabupaten Bima sekitar pukul 16.10 Wita, pada Selasa (20/4/2021) sore sedikitnya menghanguskan tiga unit rumah panggung 12 tiang dan satu unit kios milik warga.

Kebakaran diduga akibat korsleting arus listrik yang bersumber dari rumah salah satu warga bernama M. Ali Hajana. Tetangganya yang mendengar suara kebakaran dari rumah tersebut mencoba mendatanginya dan melihat percikan api yang bersumber dari meteran listrik di rumah tersebut.

Salah satu tetangganya yang melihat kobaran api sudah membesar langsung berteriak meminta tolong kepada warga yang lain. Warga yang mendengar ada kebakaran ramai-ramai mendatangi lokasi dan berupaya memadamkan api dengan alat seadanya.

Meski demikian, api yang cepat membesar dengan mudah melahap material rumah yang terbuat dari kayu dan mudah terbakar. Mobil pemadam kebakaran Kecamatan Ambalawi yang tiba di lokasi sekitar pukul 17.10 Wita ikut membantu memadamkan api sehingga api berhasil dipadamkan.

Walau tidak ada laporan adanya korban jiwa, namun kebakaran  menyebabkan 3 unit rumah panggung 12 tiang rata dengan tanah dan 1 unit rumah berbentuk kios hanya tersisa sebagian dan rusak parah. Akibat kejadian itu diperkirakan kerugian korban mencapai ratusan juta rupiah.

Anhar salah satu warga setempat mengatakan, pemilik rumah panggung 12 tiang yang terbakar adalah M. Ali Hajana, Fendi dan Ridwan, sedangkan pemilik kios adalah Aminah.

“Keempat rumah tersebut berjejeran dalam satu lokasi sehingga rumah tersebut mudah terbakar,” kata Anhar.

Anhar menyebutkan dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa. Namun diperkirakan kerugian korban mencapai ratusan juta.

“Kita bersyukur dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa, namun kerugian kerugian diperkirakan mencapai Rp 500 juta,” pungkasnya. (WR-02)