2.196 Personel Aparat Gabungan Siap Amankan Gelaran MXGP Samota di Sumbawa

172

SUMBAWA, Warta NTB– Sebanyak 2.196 aparat keamanan gabungan akan mengamankan perhelatan akbar, balap motor cross kelas dunia atau MXGP Samota di Sumbawa, NTB.

Ribuan personel pengamanan gabungan ini nantinya akan bertugas selama balapan baik di pos pengamanan, pos penyekatan serta pengamanan sekitar sirkuit.

“Ada sekitar 2.196 anggota keamanan gabungan dari TNI, Polri, dan pihak terkait yang akan kita libatkan dalam pengamanan,” jelas Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Artanto, SIK, M.Si, Jumat (17/6/2022).

Menurut Kabid Humas, dari 2.196 aparat tersebut terdiri dari anggota dari TNI maupun Polri dan stakeholder lainnya.

“Jumlah anggota Polri sebanyak 1.860 terdiri dari personel Polda NTB, Polres Sumbawa, Brimob Polda NTB, Brimob Mabes Polri, Obvit Mabes Polri, Samapta Mabes Polri dan anggota BKO dari Polres jajaran, termasuk TNI, Satpol-PP dan Dishub Pemda Sumbawa serta pihak terkait lainnya,” kata Artanto.

Pengamanan juga melibatkan personel pam samapta Mabes Polri, yang merupakan pasukan K9 untuk antisipasi bahan peledak dan narkoba. Pam obvit juga akan bertugas sebagai cheek door di sirkuit. Pam obvit Detasemen K9 merupakan lasukan anjing pelacak.

,”Anggota brimob dari mabes polri nanti akan bertugas sebagai penghalau drone kemungkinan ada yang terbang saat race berlangsung,” tutupnya. (RED)