191 CPNS Lombok Timur Ikut Latihan Dasar dan Prajabatan

1191

SELONG, Warta NTB – Sebanyak 191 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Timur (Lotim) terdiri dari 142 orang formasi umum dan 49 tenaga eks K-2 yang dinyatakan lulus seleksi tahun 2018 mengikuti Pelatihan Dasar dan Prajabatan Pola Kemitraan dengan BPSDMD Pemerintah Provinsi NTB.

Kegiatan ini dibuka langsung Bupati Lombok Timur  H.M Sukiman Azmy di Ballroom Lantai II Kantor Bupati Lombok Timur, Senin, (8/7/2019) dihadiri Kepala BPSDMD Provinsi NTB, Para Assisten, Kepala OPD terkait.

Dalam arahannya Bupati menyampaikan ucapan selamat kepada CPNS yang telah melalui proses tahapan yang panjang menjadi Calon Aparatur Sipil Negara dan saat ini dimulai tahapan pelatihan yang merupakan syarat mutlak untuk menjadi ASN. Ia meminta para CPNS mengikuti pelatihan dasar dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati.

Pada kesempatan tesebut, Bupati mengingatkan sebagai calon ASN harus menempuh setidaknya enam rangkaian atau tahapan. Tahapan pertama adalah penerimaan melalui seleksi dan persyaratan yang telah dicantumkan. Tahap selanjutnya adalah penerimaan SK pengangkatan bagi yang lolos.

“Rangkain ketiga adalah pendidikan yang merupakan pendidikan dasar dan lanjutan yang akan segera dijalani,” ungkap Bupati.

Tahap berikutnya, lanjut Bupati yaitu pelatihan umum dan tahap kelima ialah pembinaan. “Dalam tahap pembinaan ini CPNS yang telah menjadi ASN akan dibina dalam karir atau golongannya, berdasarkan dinamika dan kepribadiannya, sedangkan yang terakhir adalah Pensiun,” pungkas Bupati.

Sementara di tempat yang sama Kepala BKPSDM Lotim M. Khairi S.IP M.Si menyampaikan, pelatihan dasar CPNS dimaksudkan untuk membentuk PNS yang memiliki karakter keperibadian yang unggul dan inovatif, memiliki jiwa nasionalisme, serta kebangsaan dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. 

“Melalui pelatihan ini para CPNS memiliki kompetensi sebagai pelayan masyarakat yang baik, yang diindikasikan dengan kemampuan, memahami wawasan kebangsaan, memahami sikap tidak korupsi, memahami ketentuan kepegawaian dan memahami pola pikir ASN sebagai pelayan masyarakat,” terangnya.

Disampaikan, diklat ini akan berlangsung mulai 8 Juli s/d 5 Oktober 2019 yang terbagi dalam tiga angkatan dengan pola sistem pembelajaran in on in class, dan dipusatkan di MTSN Model Gelang. (WR)