Usai Kebakaran, Pemuda Ntonggu Segel Kantor Camat Palibelo

987

BIMA, Warta NTB – Puluhan Pemuda Peduli Kebakaran Desa Ntonggu, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima, Kamis (30/1/202) menyegel Kantor Camat Palibelo. Aksi ini dilakukan menyusul kekecewaan mereka karena Camat Palibelo tidak mampu merealisasikan tuntutan pengadaan mobil pemadam kebakaran yang diminta oleh warga sejak delapan Tahun terakhir.

Peristiwa penyegelan ini dilakukan sejumlah pemuda usai kebakaran yang terjadi di Desa Ntonggu. Akibat kebakaran yang terjadi Kamis siang puluhan rumah warga hangus terbakar dan rata dengan tanah. Diduga kebakaran tersebut akibat ledakan Gas LPG di salah satu rumah warga dan kebakaran cepat merembet akibat keterlambatan mobil pemadam kebakaran.

Yahya salah satu pemuda Ntonggu yang melakukan aksi mengatakan, mereka mengaku kecewa dengan pemerintah Kecamatan Palibelo yang tidak mampu memperjuangkan harapan masyarakat kepada Pemerintah Daerah untuk pengadaan Mobil Damkar.

Selama ini wilayah Kecamatan Palibelo rawan kebakaran, tetapi hingga saat ini di Kecamatan Palibelo sendiri belum memiliki mobil pemadam kebakaran. Akibat kekecewaan itu, usai terjadi kebakaran sejumlah pemuda desa Ntonggu langsung melakukan aksi penyegelan kantor Camat Palibelo.

“Camat harus harus bertanggung jawab atas kejadian kebakaran tersebut karna sebagai pucuk pimpinan di kecamatan Palibelo seharusnya memperjuangkan pengadaan mobil damkar di Kecamatan Palibelo yang menjadi harapan masyarakat selama ini,” ujarnya.

Yahya menambahkan, dengan beberapa rangkaian peristiwa kebakaran yang terjadi di wilayah Kecamatan Palibelo dan dengan kejadian hari ini membuat geram pemuda dan masyarakat terhadap pemerintah kecamatan sehingga secara spontan langsung menyegel kantor camat.

“Sebab selama delapan tahun terakhir Pemuda Palibelo sebagai penyambung lidah rakyat selalu meminta agar pemerintah kecamatan memperjuangkan pengadaan mobil damkar karena mengingat wilayah Palibelo rawan terjadi kebakaran,” urainya.

Ia berharap tehadap tuntutan dan harapan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Bima bisa melihat dan dapat melakukan pengadaan mobil pemadam kebakaran yang akan ditempatkan di Kecamatan Palibelo seperti kecamatan lain yang ada di Kabupaten Bima.

“Sudah sering kebakaran terjadi bahkan menghanguskan puluhan rumah warga. Tuntutan kami agar pemerintah Kabupaten Bima segera melakukan pengadaan Mobil Damkar untuk mengantisipasi agar tidak terjadinya kebakaran seperti ini,” pungkasnya. (WR-Man)