Usai Banjir, Babinsa Ntobo Gotong Royong Bersama Warga Bersihkan Jalan Tertutup Lumpur

286
Kegiatan gotong royong yang dilakukan Koptu Abubakar Kodim 1608-01/Rasanae bersama masyarakat membersihkan jalan lintas Ntobo- Busu yang tertutup lumpur akibat banjir.

KOTA BIMA, Warta NTB – Pasca banjir yang menerjang beberapa kelurahan di Kota Bima, Kamis (28/3/2019) kemarin, hari ini Babinsa Kelurahan Ntobo, Kecamatan Raba, Koptu Abubakar Kodim 1608-01/Rasanae melaksanakan gotong royong bersama masyarakat.

Gotong royong yang dimulai, Jumat pagi (29/3/2019) dilakukan Babinsa dan warga RT.14 dan RT.15 lingkungan Busu dengan cara membersihkan jalan lintas Ntobo- Busu sepanjang 50 meter yang tertutup material lumpur akibat terbawa  arus banjir.

Dandim 1608/Bima Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra yang dihubungi media ini di sela-sela kesibukannya mengatakan, sangat mendukung upaya  yang dilakukan anggotanya dengan meilibatkan diri dan berinisitif bergotong rotong bersama masyarakat membersihkan jalan yang tertutup lumpur usai banjir kemarin.

Letkot Bambang menyebutkan, akses jalan merupakan salah satu obyek vital yang harus dijaga dan diperhatikan kelancarannya. Tertutpnya jalan akan menghambat arus transportasi terlebih saat terjadi bencana.

“Saya sangat mengapresiasi semangat yang dilakukan para Babinsa yang tentunya melalui koordinasi,” katanya.

Dandim menegeskan, akses jalan tidak boleh terhambat meski sedang terjadi bencana, maka sedapat mungkin kami upayakan agar akses jalan tetap lancar karena selain digunakan oleh masyarakat yang memiliki kepentingan juga mempermudah penyaluran logistik bantuan bagi masyarakat di lokasi bencana.

Letkol Bambang mengakui, kegiatan penanganan akses jalan dalam kebencanaan terus dilakukan jajaranya tidak hanya saat terjadi banjir di Kota Bima tetapi aksi yang sama juga dilakukan saat benjir menerjang beberapa kecamatan di Kabupaten Bima beberapa waktu yang lalu.

Pria yang akrab dengan berbagai kalangan dan profesi di Bima ini menjelaskan, saat terjadi banjir di Kecamatan Sanggar Babinsa Desa Kore Serma Aidin melakukan gotong royong bersama masyarakat membuat jalan alternatif dan di Desa Boro Sertu Juhari  dan Serda Hasanudin bersama masyarakat membuat jembatan alternatif.

“Sedangkan saat banjir di Kecamatan Tambora akibat ambruknya jembatan di Desa Rasabou, personil Posramil Tambora dan Polsek Tambora bersama warga membuat jalan alternatif agar bisa dilalui kendaraan. Demikian juga dengan kegiatan gotong rotong yang dilakukan Babinsa Ntobo hari ini yakni mempermudah akses jalan,” pungkasnya.

Saat terjadi banjir di Kota Bima kemarin, Dandim Bima juga terlihat turun langsung memantau banjir di Kelurahan Jatiwangi dan beberapa kelurahan lainnya. (WR)

Foto-Foto Kegiatan Gotong Royong yang dilaksanakan Koptu Abubakar Kodim 1608-01/Rasanae bersama masyarakat.

Foto-foto pemantauan banjir yang dilakukan Dandim 1608/Bima Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra saat terjadi banjir di Kota Bima, Kamis (28/3/2019) kemarin.

Komentar Facebook di sini