TMMD ke 102 Tahun 2018 di Kodim 1615/ Lotim Resmi Ditutup

365

Mataram, Warta NTB – Rangkaian kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di wilayah Kodim 1615/Lombok Timur (Lotim) secara resmi ditutup.

Upacara penutupan yang digelar di lapangan Jerowaru Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur, Rabu (8/8/2018) diikuti oleh ratusan peserta upacara dan anggota Satgas TMMD. Menjadi Inspektur Upacara (Irup) Kepala Seksi Teritorial (Kasiter) Korem 162/WB Letkol I Wayan Sumitra.

Pada kesempetan tersebut, Kasiter membacakan amanat Kepala Staf TNI AD (Kasad) Jenderal TNI Mulyono.

Dalam amanat Kasad yang disampaikan Sumitra bahwa salah satu peran nyata TNI dalam mendukung pembangunan adalah turut serta dalam kegiatan TMMD ke 102 tahun 2018 yang diselenggarakan selama 30 hari mulai tanggal 10 Juli sampai dengan 8 Agustus 2018.

“Selain mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat, juga merupakan wahana untuk menggelorakan kembali semangat gotong royong, rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan serta ketahanan nasional guna menjaga keutuhan NKRI kepada masyarakat, khususnya generasi milenial,” ungkap Kasat yang disampaikan Kasiter.

Terkait hal tersebut, tema yang diusung dalam kegiatan TMMD ke 102 tahun 2018 yakni “Manunggal Membangun Karakter Generasi Milenial” sangatlah tepat apabila dihadapkan dengan kondisi generasi muda saat ini yang semakin modern dengan kemajuan teknologi, maka moralitas dan karakter generasi muda juga harus dibangun sehingga menjadi pribadi yang kreatif, aktif, inovatif dan berjiwa nasionalis yang kuat.

Mengakhiri sambutannya, Jenderal TNI Mulyono menyampaikan pesan dan harapannya agar mempertahankan semangat kebersamaan dan kemanunggalan TNI dengan Rakyat ditengah-tengah masyarakat, tingkatkan semangat gotong royong sebagai warisan budaya, pelihara hasil program TMMD ke 102 agar manfaatnya dapat dinikmati dalam jangka waktu yang lama.

Kemudian Kasad meminta agar para Dansatgas lakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD dan menyampaikan ucapan terimakasih kepada para Prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD atas dedikasi dan kerjanya selama TMMD ini.

Upacara penutupan TMMD ke 102 tahun 2018 Kodim 1615/Lotim dihadiri perwakilan pejabat Pemda Kabupaten Lombok Timur, Perwakilan Kodim, Korem maupun Dan/Ka Satdisjan jajaran Korem, Muspika Jerowaru, para Kepala Desa Se Kecamatan Jerowaru, tokoh agama dan tokoh masyarakat dan ditutup dengan pemberian piala juara lomba Hadroh, piagam kepada puluhan Media yang paling banyak mempublikasi berita TMMD.

Selanjutnya penghargaan juga diberikan kepada masyarakat yang aktif bergotong royong dan piagam kepada camat dan tiga Kepala Desa yang menjadi desa sasaran program TMMD ke 102 tahun 2018. (WR)