Tingkatkan Kapasitas Pengawas Adhoc, Bawaslu Kabi Gelar Pelatihan Daring

190
Bimtek Daring Badan Adhoc yang digelar Bawaslu Kabupaten Bima di Hotel Lambitu, Senin-Selasa (3-4 Agustus 2020).

BIMA, Warta NTB – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bima memberikan pelatihan Daring (dalam jaringan) kepada Pantia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) se- Kabupaten Bima.

Bimtek tersebut dilakukan guna meningkatkan kapasitas Penitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) dan Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) dalam melaksanakan kegiatan secara daring melalui aplikasi zoom yang dibutuhkan dalam proses pelaksanaan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima 2020 yang dilasanakan di era new normal ini.

Koordinator Divisi (Kordiv) Organisasi dan Sumber Daya Manusia (O-SDM) Bawaslu Kabupaten Bima, Junaidin, S.Pd menjelaskan, pelatihan peningkatan kapasitas bagi Panwascam tersebut dilakukan agar Panwascam dan PKD memiliki kemampuan yang mumpuni untuk melaksanakan kegiatan secara daring.

“Bimteknya berlangsung selama dua hari, yakni Senin – Selasa, 3-4 Agustus 2020,” ujarnya.

Dalam Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Bima di era new normal ini, lanjutnya, pengawas pemilihan pada tiap tingkatan harus bisa dipastikan memiliki kemampuan menggunakan aplikasi zoom dalam melaksanakan kegiatan secara daring. Hal ini penting, tambahnya, guna menjamin perlindungan keamanan jiwa dan kesehatan bagi semua pihak yang terlibat pada proses pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima 2020.

Pelatihan penigkatan kapasitas itu diisi oleh seluruh Komisioner Bawaslu Kabupaten Bima, materinya adalah sesuai dengan bidang divisi masing-masing.

“Masing-masing Kordiv memaparkan materi sesuai bidang masing-masing dan dihubungkan dengan tekhnik pelaksanaannya secara daring melalui aplikasi zoom,” pungkasnya. (WR-02)