Tingkatkan Ekonomi dan PAD, Kades Tente Terpilih Rencana Bangun Pasar Kuliner

464
Kades Tente terpiliha Azhar, SE (kedua dari kiri) saat meninjau lokasi rencana pembangunan pasar kuliner Desa Tente, Rabu (25/12/2019).

BIMA,  Warta NTB – Meski secara resmi belum dilantik, Kepala Desa Tente terpilih Azhar, SE mulai menggagas program inovasi yakni program pemberdayaan masyarakat dengan membangun pasar kuliner untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat desa.

Keseriusan itu dibuktikan dengan meninjau langsung lokasi yang berada di samping Gang Baba Rao RT.04/RW.02 Dusun Kanangan, Desa Tente yang berada di samping SDN 02 Tente Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, Rabu (25/12/2019). Peninjauan lokasi dilakukan bersama Sekretaris Desa Didik Haryadi, SE dan beberapa tokoh muda Desa Tente.

Azhar yang ditemui di lokasi mengatakan, rencana pembangunan pasar kuliner adalah salah satu upaya untuk menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat dan ini menjadi inovasi kami sebagai pemimpin baru untuk mewujudkan peningkatan ekonomi masyarakat.

“Rencana pembangunan pasar kuliner masyarakat Desa Tente sudah saya rencanakan sebulum saya jadi calon kades dan ini masuk dalam program dan visi misi saya agar bisa menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat,” katanya.

Dijelaskannya, status lahan yang direncanakan dibangun pasar kuliner adalah milik Pemerintah Daerah yaitu Dinas Perindag dan nanti pemerintah desa akan bersurat kepada dinas terkait guna memintah izin penggunaan lahan dan pemerintah desa tidak akan putus komunikasi dengan dinas terkait dalam rencana pembangunan pasar kuliner untuk masyarakat desa tente tersebut.

“Nanti ketika bangunan sudah jadi, bagi masyarakat yang berminat bisa mengajukan nama ke pemerintah desa kalau pun banyak masyarakat yang berminat kami akan melakukan pengundian, kalau tidak, maka akan kita atur sesuai dengan lapak yang ada,” terangnya.

Tambah Azhar, untuk pembangunan pasar kuliner ini, pemerintah desa akan membuatkan Peraturan Desa (Perdes) guna meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD) dan menambah penghasilan desa. “Iya, terkait pasar kuliner ini akan dibuatkan Perdes guna meningkatkan income PAD desa,” tutupnya. (WR-Man)