Tim Puslitbang Mabes Polri Supervisi di Polres Loteng dan Lombok Utara

213

MATARAM, Warta NTB – Memasuki hari ketiga dalam kunjungan supervisinya menilai tingkat kepuasa masyarakat di wilayah Polda NTB dan Polres jajaran, Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Mabes Polri, Rabu (14/8/2019) melakukan supervisi di wilayah hukum Polres Lombok Utara.

Ketua Tim Puslitbang yang dipimpin KBP Drs. Dadang Suwondo bersama anggota Dr. Vita Mayastinasari, SE M.Si selaku Konsultan dari STIk PTIK,  Pembina Dwi Irawati, S.S dan Penata Ratna Wahyuningrati, SE dan petugas supervisi Ipda Aninditya Dichi Saptarini, ST, tiba di Polres Lombok Utara sekitar pukul 09.30 Wita, Tim diterima langsung Kapolres Lombok Utara.

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Purnama, S.IK mengatakan, kunjungan Tim Puslitbang di Lombok Utara diawali dengan penerimaan oleh Kapolres yang dilanjutkan dengan arahan yang diikuti oleh perwira staf polres Lombok Utara dan sesi pendalaman dan diskusi dengan para kasat opsnal yang dipimpin oleh Konsultan dari STIK PTIK Dr. Vita Mayastina selaku ketua penelitian.

Setelah dari Polres Lombok Utara, Tim juga membagikan quisioner dengan mendatangi kantor Satpol PP KLU, quisioner diisi 40 orang, kemudian di SMK 1 Gangga diisi 41 orang, SMA 1 Gangga  diisi 36 orang dan di Pangkalan Ojek Pasar Tanjung  diisi  sekitar 10 orang.

“Pelaksanaan penelitian masih sama seperti kemarin, yaitu dilakukan dengan cara penyebaran quisioner oleh Tim kepada masyarakat secara langsung dan spontan dengan tujuan agar apa yang disampsaikan masyarakat lebih obyekif,” kata Purnama.

Selain itu, kata Purnama, pada hari Selasa (13/4/2019) kemarin, Tim Puslitbang Mabes Polri juga melaksankan kegiatan yang sama di Polres Lombok Tengah, yang diterima oleh Wakapolres mewakili Kapolres.

“Di Polres Loteng, Tim yang dipimpin Dr. Vita Mayastina selaku konsultan juga melakukan pendalaman dan sesi wawancara serta tanya jawab kepada Kasat Opsnal,” jelasnya.

Purnama menambahkan, setelah sesi wawancara dan tanya jawab dengan Kasat Opsnal, Tim kembali membagi quisioner kepada tahanan di Rutan Polres Loteng yang diisi 43 orang, selanjutnya ke kantor Satpol PP Praya diisi 50 orang dan Mahasiswa Poltekpar 40 orang

Pada kesempatan tersebut, Ketua Tim Puslitbang Kombes Pol Drs. Dadang Suwondo mengatakan, Litbang Mabes Polri yang  melibatkan konsultan ahli di bidangnya dengan metode diskusi,wawancara dan penyebaran kuisioner bertujuan untuk mengetahui secara langsung sejauh mana tingkat kepercayaan dan kepuasan masyarakat terhadapat pelayanan Polri.

“Dengan demikian kita bisa mengukur apa saja yang telah baik dan apa saja yang belum baik sehingga bisa dilakukan perbaikan guna memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat kedepan,” jelas Dadang Suwondo.  (WR)