Terima Kunjungan Apkasi, Wabup Harap Dapat Meningkatkan Mutu Pendidikan

379

BIMA, Warta NTB – Wakil Bupati Bima Drs. H. Dahlan M. Noer menerima kunjungan staf Ahli Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) bidang pendidikan dan peningkatan mutu guru di daerah.

Kedatangan Staf Ahli Apkasi Hj. Himmatul Hasanah dan rombongan diterima Wakil Bupati di ruang rapat Bupati Bima, Rabu (14/8/2019) didampinggi Kepala Dikbudpora Kabupaten Bima, Kepala UPT Dikbudpora dan Kabag Lingkup Setda Bima.

Wakil Bupati Bima Dahlan M. Noer menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi atas kehadiran Staf Ahli Apkasi dan rombongan yang melakukan sosialiasi peningkatan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang pendidikan Kabupaten Bima.

“Semoga dengan adanya program ini kedepan akan meningkatkan Sumber Daya Manusia dan mutu pendidikan di Kabupaten Bima,” ucapnya.

Seperti kita ketahui bersama bahwa keberadaan Apkasi merupakan salah satu program yang ditawarkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di daerah, terutama SDM para guru dalam menciptakan generasi cerdas penerus masa depan bangsa sehingga dapat merubah mainset guru meningkatkan mutu pendidikan.

“Oleh karena itu program yang ditawarkan oleh Apkasi sangat mengena dengan program dan visi misi kami selaku kepala daerah dalam meningkatkan mutu pendidikan,” katanya.

Kata Wabub, melalui program yang ditawarkan Apkasi diharapkan kedepannya dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan peningkatan mutu pendidikan terutama pada guru sebagai ujung tombak dunia kependidikan dalam menciptakan generasi penerus bangsa.

Sementara itu, Staf Ahli Apkasi Hj. Himmatul mengatakan, peningkatan kompetensi guru sangat berguna bagi daerah, jika mutu dan kompetensi guru semakin meningkat, maka akan meningkatkan mutu pendidikan daerah setempat.

“Oleh Karena itu, peran guru sangat penting dalam pendidikan, sebagai sosok yang mencerahkan, membuka alam dan pikiran serta jiwa bagi anak didik,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, seorang guru mampu memupuk nilai-nilai kasih sayang, keteladanan, prilaku, moralitas, kebhinnekaan yang menjadi inti sejati dari pendidikan yang sesungguhnya

“Pendidikan sebagai pondasi karakter bangsa merupakan tanggung jawab bersama dan  Apkasi turut ambil bagian dengan memprogramkan upaya peningkatan  SDM guru di daerah,” ujarnya.

Hj. Himmatul menambahkan, sebagai mitra pemerintah kabupaten seluruh Indonesia, Apkasi memiliki misi strategis bagi daerah. Misi ini dituangkan ke dalam tugas pokok dan fungsi Apkasi yang bermuara pada terciptanya pemerataan yang nyata, dan berkelanjutan.

Dalam programnya Apkasi telah melakukan kunjungan kerja di 416 Kabupaten/Kota termasuk di Kabupaten Bima dengan harapan dapat mendukung peningkatan mutu pendidikan. Sekaligus memberikan metode pembelajaran yang menyenangkan.

“Oleh karena itu melalui kegiatan yang kami lakukan ini, diharapkan kepada para guru dan tenaga pendidikan dapat memberikan pendidikanyang baik dalam menciptakan generasi penerus bangsa,” tandasnya.

Momentum ini ditandai dengan penyerahan cinderamata dari Kepala Daerah kepada staf Ahli Apkasi Hj. Himmatul Hasanah demikian sebaliknya. (WR-Man)