Sosialisasi Kampung Sehat, Polres Dompu Ajak Masyarakat Hidup Sehat Tanpa Narkoba

197
Sosialisasi kampung sehat yang digelar Sat Resnarkoba Polres Dompu di Jalan Bhayangkara Kelurahan Bada, Kecamata Dompu, Kabupaten Dompu, Jumat (12/6/2020).

DOMPU, Warta NTB – Setelah beberapa waktu yang lalu Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH S.IK memimpin rapat koordinasi dengan Forkopimda tentang pencanangan Kampung Sehat di wilayah hukum Polres Dompu. Hasil rakor tersebut ditindak lanjuti oleh Sat Resnarkoba Polres Dompu dengan menggelar kegiatan penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat.

Kegiatan yang dipimpin langsung Kasat Narkoba Iptu Tamrin S.Sos, Jumat (12/6/2020) pagi difokuskan pada pengguna jalan dan masyarakat yang ada di sekitar jalan Bhayangkara Kelurahan Bada, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu.

Iptu Tamrin mengatakan, beberapa poin yang disampaikan dalam penyuluhan dan sosialisasi antara lain menyampaikan imbauan kepada masyarakat agar membiasakan diri hidup sehat dan bersih dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 di tengah pandemi saat ini.

Selain itu, kata dia, masyarakat juga diimbau agar menjauhi penyalahgunaan Narkoba dan obat-obatan terlarang karena sanksi hukumnya jelas baik bagi pemakai, pengedar dan bandar.

“Oleh karena itu kami mengimbau kepada masyarakat agar menjauhkan diri dari penyalahgunaan narkoba, mengawasi anak-anak agar terhindar dari narkoba, serta melaporkan jika ada hal-hal yang mencurigakan terkait narkoba. Kami juga mengajak masyarakat agar sama-sama berperan aktif mewujudkan kampung sehat yang bebas Covid-19 dan bebas Narkoba,” ajaknya.

Lebih lanjut, Kasat menjelaskan, pembentukan kampung sehat merupakan arahan dari Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal kepada Polres jajaran yang disampaikan melalui Video Conferensi (Vicon) beberapa waktu yang lalu.

“Kampung sehat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan kehidupan yang tertib, aman, nyaman dan menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih serta taat hukum sehingga meminimalisir adanya tindak pidana dan mewujudkan kampung sehat yang bebas Covid-19 dan bebas Narkoba,” terangnya.

Kasat mengaku, kegiatan penyuluhan dan sosialisasi ini disambut antusias oleh masyarakat karena masyarakat bisa merasakan langsung hadirnya polisi di tengah mereka yang melindungi dan mengayomi dalam segala aspek kehidupan.

“Dalam kegiatan ini kami juga tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 bagi seluruh personel yang turun, maupun saat berinteraksi dengan masyarakat dalam menyampaikan imbauan dan sosialisasi,” ujarnya. (WR-02)