SMKN 1 Monta Uji Coba KBM Tatap Muka dengan Protokol Kesehatan Covid-19

451

BIMA, Warta NTB – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Monta Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat, Senin (28/9/2020) mulai melakukan uji coba Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka. Uji coba KBM tatap muka ini dilakukan menggunakan protokol kesehatan Covid-19 yang cukup ketat.

Plt Kepala SMKN 1 Monta Adhar, S.Pd mengatakan, uji coba KBM tatap muka dilakukan berdasarkan petunjuk dinas bahwa mulai tanggal 28 September 2020 semua sekolah menengah atas melakukan uji coba tatap muka.

“Hal ini tentunya dilakukan dengan mekanisme protokol kesehatan Covid-19 yang dilakukan dengan cukup ketat,” katanya.

Adhar menyebutkan, sedari awal siswa yang datang ke sekolah sudah diimbau untuk menggunakan masker. Kemudian di pintu gerbang sekolah, pihak sekolah sudah menyiapkan perlengkapan alat cuci tangan bagi para siswa dan tamu lain yang datang.

“Selain itu para siswa dan tamu yang datang juga dilakukan pengecekan suhu tubuh dengan alat thermo scanner untuk memastikan bahwa orang-orang yang masuk ke lingkungan sekolah terbebas dari Covid-19, demikian juga dengan para guru,” ujar mantan kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bima ini.

Mantan Plt Kepala SMAN 2 Monta ini menambahkan, demi kelancaran KMB dalam memasuki era “New Normal” atau tatanan kehidupan baru di masa pandemi Covid-19 dibutuhkan kerjasama semua pihak untuk mendukungnya.

“Dalam memutus mata rantai penyebaran dan pencegahan Covid-19 di sekolah dibutuhkan kerjasama semua pihak mulai dari siswa, orang tua, dewan guru, komite dan pihak-pihak lain yang ikut membantu,” katanya.

Adhar menjelaskan, hal lain yang lebih penting dalam pencegahan penyebaran Covid-19 adalah kesadaran bersama dengan selalu menerapkan standar protokol kesehatan Covid-19 dalam melakukan aktivitas baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan tempat kita tinggal.

“Caranya cukup sederhana, yakni dengan memakai masker pelindung, menjaga jarak dan sering mencuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir,” tambahnya.

Kepala sekolah menambahkan, dalam proses uji coba KBM tatap muka hari pertama berjalan dengan lancar. “Alhamdulillah uji coba tatap muka hari pertama berjalan lancar, mudah-mudahan SMKN 1 Monta bisa menjadi contoh bagi sekolah lain dalam menerapkan uji coba KBM tatap muka dengan standar kesehatan Covid-19,” harapnya. (WR-Budi)