SMKN 1 Monta Promosi Jurusan Baru dan Siapkan Diri Ikut Lomba LKS

328
Plt. Kepala SMKN 1 Monta Adhar, S.Pd (kanan) bersama Tim Penilai Evakin Provinsi NTB Awaludin S.Pd M.Pd (kiri). (foto: dok wartantb)

BIMA, Warta NTB – Sebagai sekolah menengah kejuruan negeri pertama yang ada di wilayah Kecamatan Monta, Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat, SMKN 1 Monta terus berbenah menuju sekolah yang maju dan unggul.

Sekolah yang terletak di Desa Sie, Kacamatan Monta ini berdiri sejak tahun 2007, meski usianya masih terbilang muda sekolah ini mampu meciptakan lulusan yang memiliki SDM unggul dan siap kerja.

Saat ini SMKN 1 Monta memiliki enam jurusan kompetensi keahlian di antaranya, empat jurusan baru, yakni jurusan tata busana, usaha perjalanan wisata, akomodasi perhotelan dan tata boga, sementara jurusan lama, yakni agribisnis ternak unggas, teknik dan bisnis sepeda motor. Sementara untuk jurusan baru tersebut terus dipromosikan oleh pihak sekolah setempat.

Plt. Kepala SMKN 1 Monta Adhar, S.Pd yang ditemui di sekolah setempat beberapa waktu lalu mengakui saat ini pihak sekolah terus mempromosikan empat jurusan baru yang telah ditetapkan sebagai bidang jurusan kompetensi di sekolah setempat.

“Dengan adanya empat jurusan baru menandakan SMKN 1 Monta menuju SMK Parwisata dan saat ini kami terus mempromosikannya agar diminati oleh siswa dan didukung oleh orang tua serta masyarakat sekitar,” katanya.

Adhar menyebutkan, di jurusan pariwisata, hampir semua aspek yang ada dalam kegiatan wisata dipelajari seperti perhotelan, perjalanan wisata, busana, kuliner, tata boga dan lain-lain.

“Melalui jurusan pariwisata akan mendorong minat dan bakat siswa serta menjanjikan pekerjaan, selain itu setelah lulus dengan ilmu yang dimiliki para siswa bisa membangun usaha sendiri,” jelasnya.

Pria yang dikenal ramah dan mudah bergaul ini menuturkan, untuk semua jurusan yang ada di sekolah tersebut akan dipersiapkan untuk mengikuti Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK yang akan digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

“LKS adalah lomba tahunan untuk menguji kemampuan dan kompetensi yang dimiliki oleh siswa SMK sesuai jurusan masing-masing. Lomba ini adalah ajang bergengsi bagi siswa SMK. Oleh karena itu kami akan terus mempersiapkan siswa untuk mengikuti LKS agar bisa juara dan mengharumkan nama sekolah dan daerah hingga tingkat nasional,” ujarnya optimis. (WR-Al)