Sinergitas, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Mahasiswa KKN Gotong Royong Bersih Desa

180

BIMA, Warta NTB – Bhabinkamtibmas, Babinsa Desa Bre, Kecamatan Palibelo bersama Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Mandiri Terpadu Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (KKN MT STKIP) Bima dan masyarakat setempat melakukan kegiatan gotong royong bersih desa.

Kegiatan gotong royong yang digelar, Selasa (11/2/2020) difokuskan untuk membersikan selokab dan saluaran air untuk mencegah terjadinya penumpukan sampah yang menyebabkan banjir.

Babinsa Desa Bre Serka Mansyur mengatakan, kegiatan gotong royong merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Banbinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Bre bersama masyarakat.

“Ini merupakan wujud sinargitas kami. Apalagi saat ini kami juga dibantu oleh mahasiswa KKN dari STKIP Bima,” terangnya.

Kata dia, budaya gotong royong adalah budaya bangsa yang harus tetap kita jaga. Dalam kegiatan ini kami membersikan sampah dan saluran air untuk mencegah banjir dan genangan air di rumah warga.

“Saat ini musim hujan, jadi kita harus membudayakan hidup bersih dan jangan membuang sampah sembarangan. Sampah yang menumpuk di selokan dan saluran air dapat menyebabkan banjir. Jadi hari ini kita bersihkan sampah-sampah yang menumpuk itu,” ungkapnya.

Serka Mansyur menambahkan, kegiatan gotong royong juga bertujuan untuk membangun kedekatan antara Bhabinkamtibmas dan Babinsa dengan masyarakat dan melalui kesempatan tersebut bisa disampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada masyarakat untuk mencegah terjadinya aksi kriminal dan imbauan menjaga lingkungan yang bersih dan sehat.

“Gotong-royong juga untuk mempererat tali silaturrahim antara warga dana antara personel TNI-Polri serata pemerintah desa dan kepala desa sebagai symbol trisula desa,” tutupnya. (WR-Man)