Sanggar Seni La Mpada Tonggorisa Terima Bantuan Alat Seni

236
Bantuan diserahkan langsung Kabid Kebudayaan Drs. A. Salam Gani M. Pd yang diterima Camat Palibelo Drs. Darwis di aula Kantor Desa Tonggorisa, Jumat (22/3/2019).

BIMA, Warta NTB – Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Kabupaten Bima menyerahkan bantuan alat seni kepada kelompok Sanggar Seni “La Mpada” Desa Tonggorisa, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima.

Bantuan diserahkan langsung Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Drs. A. Salam Gani M.Pd yang diterima Camat Palibelo Drs. Darwis disaksikan kepala desa Muhamad Ahyar dan pengurus sanggar La Mpada di aula Kantor Desa Tonggorisa, Jumat (22/3/2019).

Kabid Kebudayaan A. Salam Gani mengatakan, alat seni yang diserahkan merupakan bantuan hibah yang diperuntukan bagi kelompok sanggar seni La Mpada Desa Tonggoriasa berupa sembilan paket rebana klasik.

“Bantuan yang diserahkan merupakan bantuan hibah yang sepehunya diserahkan hak penggunaannya kepada kelompok sanggar seni La Mpada Desa Tonggoriasa,” katanya.

A. Salam berharap bantuan yang diberikan dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesenian dan melestarikan nilai budaya khususnya di Desa Tonggorisa.

“Karena rebana yang diserahkan masih baru, jadi harus sering-sering digunakan agar suaranya semakin bagus. Semoga bantuan yang diserahkan dapat bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Kabid mengungkapkan, bantuan yang sama tidak hanya diberikan kepada kelompok sanggar yang ada di Desa Tonggorisa, tetapi bantuan serupa juga telah diberikan kepada kelompok sanggar lain yang ada di Kabupaten Bima.

“Kemarin bantuan serupa telah kami berikan kepada kelompok sanggar yang ada Kecematan Bolo, Sanggar, Ambalawi, Sape, dan Woha. Bantuan ini dianggarkan dalam dana DAK tahun 2018 dan dicairkan pada tahun 2019,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Drs. Darwis Camat Palibelo mengatakan, bantuan rebana klasik yang diberikan Dinas Dikbudpora akan melengkapi peralata seni yang telah diadakan pemerintah Desa Tonggorisa melalui dana ADD tahun 2013-2014.

“Semoga dengan kelengkapan alat seni ini, sanggar seni dan PKK Desa Tonggorisa bisa berlatih dengan giat karena diharapkan sanggar seni Desa Tonggorisa dapat membawa nama baik Kecematan Palibelo dalam festival atau pentas seni  tingkat kabupaten maupun provinsi,” harapnya.

Sementara Kades Tonggorisa Muhamad Ahyar menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima yang telah memberikan bantuan peralatan seni kepada kelompok sanggar seni yang ada di desanya.

“Terimakasih yang sebesar-besarnya kami ucapkan atas bantuan alat seni yang diserahkan karena ini sebagai wujud perhatian pemerintah Kabupaten Bima terhadap pelestarian seni dan budaya daerah yang harus terus kita pertahankan,” ucapnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala UPT Dikbudpora Kecamatan Palibelo, Jaharudin, S.So, Ketua Sanggar Seni La Mpada  Syamsudin, S. Pd dan anggota sanggar seni serta anggota tim penggerak PKK dan perangkat Desa Tonggorisa. (WR-Man)