Ribuan Peserta Meriahkan Pawai Budaya Hari Jadi Bima ke-379

977

BIMA, Warta NTB – Pawai budaya hari jadi Bima ke-379 tahun 2019 yang digelar Pemerintah Kabupaten Bima, Kamis (4/7/2019) berlangsung meriah.

Ribuan peserta dari berbagai etnik dan perwakilan masyarakat 18 kecamatan se Kabupaten Bima meramaikan pawai budaya. Tidak hanya itu para pejabat teras ASN, perangkat daerah, instansi vertikal, BUMN, sekolah dan organisasi mitra kerja pemerintah daerah turut berpartisipasi memeriahkan pawai budaya hari jadi Bima ini.

Peserta pertama dilepas Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE start dari lapangan Talabiu Kecamatan Woha menuju finish di kantor Bupati Bima. Dalam penampilannya sebagian besar pesta menggunakan rimpu bagi perempuan dan saremba tembe bagi laki-laki.

Selama perjalanan para peserta menampilkan atraksi kesenian dan seni budaya yang menghibur masyarakat di sepanjang jalan baik seni budaya daerah maupun kesenian yang ditampilkan oleh 15 paguyuban etnis nusantara yang ikut meramaikan pawai budaya tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bima Drs. Dahlan mengatakan, pawai budaya tahun ini lebih meriah karena mengikutsertakan kendaraan hias dan atraksi seni budaya serta potensi lain dari masing-masing wilayah maupun sektor yang ada di Kabupaten Bima.

“Barisan berkuda dan benhur juga memeriahkan pawai budaya tahun ini dan sepanjang ruas jalan lebih kurang tiga km tersebut para peserta menampilkan sejumlah atraksi yang menjadi ciri khas rombongan masing-masing,” katanya.

Dijelaskannya, setelah tiba di Kantor Bupati Bima para peserta kembali diterima Bupati Bima, Wakil Bupati, Forkopimda, Ketua DPRD, Ketua Tim Penggerak PKK dan sejumlah tamu kehormatan lainnya. (WR)