Rawat Tradisi, Sanggar Seni ‘Oi Lanco’ Meriahkan Berbagi Acara Tradisional

162
Penampilan Sanggar Seni Oi Lanco.

KOTA BIMA, Warta NTB – Merawat budaya melalui panggung budaya. Sanggar seni ‘Oi Lanco’ Kelurahan Pena To’i Kota Bima, tampil pada kegiatan kebudayaan dan berbagai kegiatan lainnya.

Diantaranya, mereka menampilkan bentuk kebudayaan Bima khususnya. Seperti pada kegiatan Akad Nikah, Khitanan, Pengantaran Mahar dan sebagainya.

Sanggar tersebut, telah mendapat dukungan dana senilai Rp 50 juta dari Kemensos RI Indonesia. Bantuan itu, diterimanya pada 5 Juli 2019 lalu.

“Uang itu, kita gunakan untuk keperluan sanggar,” kata Ketua Sanggar Oi Lanco M. Tayeb, Minggu (1/9/2019).

Ia melanjutkan, beberapa bentuk kebutuhan sanggar tersebut. Diantaranya, seperti kebutuhan pakaian adat, alat gendang dan sebagainya.

“Kita memanfaatkan untuk memenuhi fasilitas yang mendukung, untuk mengembangkan sanggar ini, itu baru beberapa kebutuhan dan masih ada lainnya juga,” tuturnya.

Harapannya, pengurus sanggar tersebut, kedepannya agar lebih diperhatikan lagi pihak terkait. Dalam hal itu, untuk memajukan daerah melalui panggung-panggung Budaya Bima khususnya.

“Semoga kedepannya, kita dapat lebih maksimal lagi dan perhatian dari pemerintah juga bisa dioptimalkan untuk sanggar ini khususnya,” tutupnya. (WR)