PPL Berakhir, Mahasiswa STKIP Bima Kembali ke Kampus

270
Kegiatan penarikan mahasiswa PPL STKIP Bima di SMAN 4 Kota Bima.

BIMA, Warta NTB – Setelah melaksanakan kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) selama lebih kurang dua bulan, akhirnya Mahasiswa PPL STKIP Bima ditarik kembali ke kampusnya, Kamis (10/10/2019).

Salah satu dosen pembimbing Amirudin, M. Pd mengatakan, setelah melaksanakan Praktek Pengalaman selama lebih kurang dua bulan seluruh mahasiswa STKIP Bima yang melaksanakan PPL di berbagai SMA/MA di Kota dan Kabupaten Bima secara resmi ditarik.

“Iya hari ini seluruh mahasiswa STKIP Bima yang melaksankana PPL di sejumlah sekolah SMA/MA yang tersebar di Kota dan Kabupaten Bima secara resmi ditarik kembali ke kampus,” katanya saat penarikan mahasiswa PPL di SMAN 4 Kota Bima.

Amirudin menjelaskan, kegiatan PPL adalah salah satu program kuliah yang harus dijani oleh mahasiswa STKIP sebagai  bentuk pengabdian untuk mengaplikasikan ilmu yang sudah terima dibangku kuliahan dan memprakteknya di sekolah lokasi PPL sebagaiman mahasiswa menjadi calon guru.

“Praktek lapangan adalah kewajiban mahasiswa STKIP Bima untuk belajar mencari pengalaman di sekolah tempatnya melaksanakan kegiatan PPL sebagai salah saru tugas belajar dan Alhamdulillah pagi ini sebanyak 14 orang mahasiswa PPL di SMAN 4 Kota Bima secara resmi ditarik demikian juga dengan mahasiswa lain yang tersebar di Kota dan Kabupaten Bima,” jelasnya.

Kepada pihak sekolah Amirudin menyampaikan ucapan terimakasih karena telah membimbing dan mengarahkan mahasiswa PPL sebagai calon guru untuk menjadi guru yang baik dalam memberikan pendidikan dan pengajaran kepada siswa sesuai kualifikasi ilmu dan jurusannya.

“Alhamdulillah kepala sekolah SMAN 4 Kota Bima adalah Alumni STKIP Bima. Ini menunjukkan bahwa alumni STKIP Bima mampu menjadi pemimpin dan memberikan pengabdian yang terbaik untuk mencerdaskan anak bangsa dan bisa menjadi teladan bagi guru-guru yang lain,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Amirudin juga menyampaikan rasa bangga karena bisa bertemu dengan alumni yang menjadi kepala sekolah dan berharap kerjasama dalam kegiatan akademik dapat terus ditingkatkan.

“Semoga kerjasama dalam kegiatan akademik dapat terus kita ditingkatkan. Sebagai dosen pembimbing PPL kami juga akan terus meningkatkan SDM mahasiswa sebelum terjun ke sekolah untuk melaksanakan kegiatan PPL,” ujarnya.

Detik-detik penarikan Mahasiswa PPL STKIP Bima ini juga diwarnai suasana haru, para mahasiswa dan beberapa orang guru juga meneskan air mata dimana selama lebih kurang dua bulan PPL mereka sudah dinggap sebagai keluarga besar SMAN 4 Kota Bima.

Bahkan salah satu mahasiswa saat acara perpisahan tak mampu menahan air mata ketika menyampaikan pesan dan kesan selama PPL di SMAN 4 Kota Bima. Dimana selama dua bulan PPL mereka mendapatkan keluarga baru, ilmu baru, suasana baru dan teman baru, yaitu guru dan murid sekolah setempat  yang begitu ramah memperlakukan mereka selama dua bulan menjalani PPL. (WR-Man)