Polres Dompu Canangkan Program Kampung Sehat

304
Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat bersama Dandim 1614/Dompu Letkol Inf. Ali Cahyono dan pimpinan instansi lainnya melakukan sesi foto bersama dengan pose tolak Covid-19 usai rakor pencanangan kapung sehat, Kamis (11/6/2020).

DOMPU, Warta NTB Menindaklanjuti arahan Kapolda NTB untuk membentuk “Kampung Sehat” di tiap Polres jajaran, Polres Dompu menggelar  rapat koordinasi pencanangan kampung sehat yang diggelar di aula rapat Polres Dompu. Kamis (11/6/2020).

Rapat koodinasi ini dipimpin langsung oleh Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH S.IK dihadiri Dandim 1614/Dompu Letkol Inf. Ali Cahyono, S.Kom, Wakapolres Dompu Kompol I Nyoman Adi Kurniawan, SH, Kepala BPBD Dompu, PLT Kepala Dinas Kesehatan Dompu, Kasat Satpol PP, serta  Para Kabag, Kasat/Kasi dan Kapolsek Jajaran Polres Dompu.

Kapolres Dompu, AKBP Syarif Hidayat mengatakan, pencanangan kampung sehat ini akan dimulai dengan kegiatan sosialisi dengan poster dan spanduk serta penyuluhan keliling untuk menyampaikan informasi kepada msyarakat.

“Bagi desa yang ditunjuk perlu membuat peraturan desa tentang protokol kesehatan terutama dalam masa pandemi Covid 19  salah satu contohnya seperti pelaksanaan resepsi pernikahan, takjiah kematian dan lain-lain perlu menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan membatasi jumlah yang berkerumun dan menjaga jarak serta tetap menggunakan masker,”  terangnya.

Selain itu, kata Kapolres, dalam penerapan kampung sehat ada beberapa hal yang perlu dilakukan seperti membuat portal dan posko pengendalian Covid-19 dan penyusuanan data yang akurat tentang masyarakat yang masuk dalam kategori ODP, PDP dan lain-lain.

“Dalam hal ini kita juga memerlukan ruang isolasi penanganan pasien di desa dan tetap memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang cara pencegahan penyebaran virus corona dengan memberdayakan Babinsa, Bhabinkamtibmas dan guru-guru yang ada di desa,” ungkapnya.

Untuk mensukseskan kegiatan ini, Kapolres juga mengharapkan dukungan dari semua elemen dan stakeholder yang ada di Kabupaten Dompu. “Kesuksesan  kampung sehat ini akan bergantung pada dukungan seluruh elemen yang ada di Kabupaten Dompu. Oleh karena itu kami sangat mengharapkan dukungan semua pihak untuk kesuksesan kampung sehat ini,” harapnya.

Sementara di tempat yang sama, Dandim 1614/Dompu Letkol Inf. Ali Cahyono menyampaikan, Kodim Dompu siap  mendukung program kampung sehat yang dicanangkan Polres Dompu.

“Dengan adanya pembentukan kampung sehat di setiap desa  atau kelurahan akan memberikan kebiasaan hidup sehat bagi masyarakat dan sejalan dengan program dari pemerintah daerah, yakni New Normal kehidupan baru dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” kata Dandim. (WR-02)