Perluas Usaha, BUMDes Tente Siapkan 4 Unit Bajaj Penyewaan

561

BIMA, Warta NTB – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maja Labo Dahu Desa Tente, Kecamatan Woha Kabupaten Bima akan menyiapkan empat unit Bajaj penyewaan yang akan dianggarkan melalui Aggaran Dana Desa (ADD) tahun 2020.

Kendaraan roda tiga ini menjadi salah satu transportasi yang mulai diminati oleh masyarakat Kabupaten Bima. Geliat transportasi roda tiga mulai terlihat di sekitar Terminal dan Pasar Tente dari pagi hingga malam hari. Kendara ini juga memiliki multi fungsi selain untuk mengangkut penumpang juga bisa digunakan untuk mengangkut barang.

Kepala Desa Tente, Azhar SE mengatakan, peluang penyewaan jasa transportasi mulai dilirik pengurus BUMDes Maja Labo Dahu Desa Tente. Pada tahun 2020 ini dana BUMDes sebanyak Rp 200 juta akan digelontorkan untuk pengadaan empat unit bajaj.

Kata Azhar, dalam pengelolaannya nanti, BUMDes akan menyewakan Bajaj kepada masyarakat atau penyewaan dengan sistem sewa Rp 60 ribu perhari.

“Dari hasil penyewaan, dana yang masuk akan dikelola kembali oleh BUMDes untuk membesarkan dan membuka peluang usaha lain guna meningkatkan pendapatan BUMDes,” katanya.

Selain penyewaan, pengelolaan Bajaj BUMDes bisa dilakukan oleh masyarakat, misalnya dengan sistem setor sesuai dengan tarif yang telah ditetapkan, yakni Rp 60 perhari, namun pengelolaan tetap di bawah kendali dan pengawasan BUMDes.

“Langkah ini juga dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi angka pengangguran dan peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Kepala Desa Tente terpilih yang baru dilantik Bupati Bima pada tanggal 27 Januari lalu ini, memang memiliki komitmen yang tinggi untuk memajukan desa melalui program-progran inovatif yang temuat dalam visi misinya selama lima tahun kedepan, termasuk pengurangan angka pengangguran dan peningkatan taraf hidup masyarakat.

Selain itu, dari sisa anggran yang tersedia BUMDes Tente juga mendorong peningkatan modal bagi pelaku usaha kecil dengan memberikan moda usaha melalu koperasi simpan pimjam dengan bunga kecil yakni 3 persen yang dilakukan dengan pengembalian harian.

“Saat ini BUMDes Tente sudah memiliki modal awal senial Rp 120 juta untuk keredit usaha kecil dengan bunga kecil, hanya 3 persen saja. Semoga dana yang tersuplai dari BUMDes dapat membantu pengusaha kecil untuk meningkatkan usahanya,” harap Azhar. (WR-Man)