Pemkab Bima Kirim Bantuan Tanggap Bencana Ke Lombok

451

Bima, Warta NTB – Terkait Gempa Bumi susulan dengan kekuatan 7,0 Skala Richer yang kembali mengguncang pulau Lombok, Minggu (5/8/2018) malam. Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri dan jajaran pemerintah daerah bersama masyarakat Kabupaten Bima, Senin (6/8/2018) menyampaikan duka cita yang mendalam atas terjadinya musibah tersebut.

Sebagai bentuk kepedulian itu, pada Senin subuh Bupati Bima langsung menelepon Bupati Kabupaten Lombok Utara (KLU) H. Najmul Akhyar untuk memyampaikan rasa belasungkawanya. Dalam percapan tersebut Bupati KLU menyampaikan bahwa masyarakat setempat masih mengalami trauma dan sangat membutuhkan bantuan.

Untuk membantu para korban, Bupati Bima menginstruksikan seluruh Kepala OPD dan jajaran pemerintah daerah agar menunjukkan kepedulian untuk membantu para korban bencana alam di Pulau Lombok.

Instruksi ini kemudian ditindaklanjuti oleh para kepala OPD, Pejabat eselon dan staf dengan mengumpulkan sumbangan. Hingga Senin siang dana yang terkumpul mencapai Rp 32 juta rupiah dan akan disalurkan kepada para korban di Lombok.

Pemerintah Kabupaten Bima melalui BPBD telah membuka Posko Tanggap Bencana c.q Kantor BPBD Kabupaten Bima yang siap menerima bantuan dan mengantarkan logistik melalui TRC BPBD dengan kekuatan tim 25 orang personil yang dipimpin langsung oleh kepala pelaksana BPBD Ir. H. M. Taufik Rusdi M.AP terdiri dari kepala Bidang, Kasubid dan TRC Penanggulangan Bencana BPBD.

Selain itu, merespon bencana gempa bumi di Lombok, TAGANA Kabupaten Bima langsung memberangkatkan 1 Unit mobil Rescue dan 1 unit mobil dapur umum lapangan dengan 20 personil.

Sedangkan Bupati Bima dan OPD terkait direncanakan Selasa pagi akan meninjau langsung lokasi gempa, sekaligus menyerahkan bantuan tanggap bencana kepada para korban.

Hal yang sama, juga disampaikan Bupati saat memimpin rapat paripurna DPRD Kabupaten Bima Senin siang. Pada kesempatan tersebut, Bupati menyampaikan penjelasan terhadap rancangan kebijakan Umum Perubahan APBD (KUPA) serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara Perubahan (PPASP) Tahun 2018.

Dihadapan peserta sidang Bupati mengatakan, saat ini pemerintah Kabupaten Bima beserta seluruh lapisan masyarakat berbelasungkawa atas kejadian gempa bumi di Pulau Lombok, mudah-mudahan musibah ini dapat meningkatkan solidaritas dan ukhuwah islamiyah anatara sesama.

“Mari kita membantu keluarga kita dengan doa, bagi yang mampu meringankan beban keluarga kita dengan menyalurkan bantuan sesuai kemampuan masing-masing,” ajak Bupati. (WR)