Pemkab Bima Dirikan Tenda Darurat dan Toilet Portable untuk Korban Kebakaran Ntonggu

518

BIMA, Warta NTB – Sebagai upaya membantu warga Desa Ntonggu, Kecamatan Palibelo yang mengalami musibah kebakaran, Pemerintah Kabupaten Bima mendirikan tenda darurat untuk para korban, Senin (28/10/2019). Kebakaran yang terjadi Jumat (25/10/2019) dini hari sedikitnya menghanguskan 13 unit rumah dan menyebabkan 2 unit rumah warga rusak ringan.

Kabag Humas Setda Bima M. Chandra Kusuma, Ap mengatakan, untuk membantu para korban Bupati Bima Hj. Indah Damayanti Putri, SE, memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima untuk segera mendirikan tenda darurat lengkap dengan toilet portable untuk sanitasi bagi warga korban kebakaran di Desa Ntonggu.

“Selain mendirikan tenda darurat, Bupati juga meminta agar BPBD dan dinas terkait lainnya secara rutin mendristribusikan air bersih dengan mobil tengki dan menurunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) ke lokasi. Langkah ini, sebagai bentuk kepedulian Bupati terhadap warga Ntonggu, korban kebakaran beberapa waktu lalu,” kata Kabag Humas.

Chandra menambahkan, selain diperintahkan untuk membangun tenda darurat, Bupati juga menyalurkan bantuan logistik tanggap darurat dan beras 1,5 ton. Bantuan itu diterima langsung oleh warga korban kebakaran. Selain itu ada juga perlengkapan mandi, cuci, bumbu- bumbu dan peralatan dapur.

“Slain itu, Bupati juga memberikan bantuan uang tunai sebesar Rp 12 juta, kepada 12 Kepala Keluarga, jadi satu KK masing-masing mendapat bantuan satu juta,” terang Chandra. (WR-Man)