Pemdes Tangga Baru Salurkan BLT-DD Kepada 101 Penerima Manfaat

215
Penyaluran BLT-DD tahap satu Desa Tangga Baru, Kepala Desa A. Rasyid, S.Sos menyerahkan bantuan secarara simbolis kepada salah satu penerima manfaat, Sabtu (13/6/2020).

BIMA, WARTA NTB  – Pemerintah Desa Tangga Baru, Kecamatan Monta Kabupaten Bima  menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada 101 keluarga, di aula kantor desa setempat, Sabtu (13/6/2020).

Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari Dana Desa ini diprioritaskan kepada warga kurang mampu dan  terdampak akibat  pandemi virus corona  atau Covid-19. Tentunya pendataan penerima dilakukan melalui mekanisme dan ketentuan yang telah ditetapkan seperti tahap verifikasi, validasi, dan finalisasi data yang dilakukan melalui Musyawarah Desa (Musdes).

Kepala Desa Tangga Baru A. Rasyid, S.Sos mengatakan, meski agak terlambat dibanding desa-desa lain pihaknya, mengaku cukup berhati-hati dalam menetapkan calon penerima  BLT-DD karena ada beberapa hal yang dilakukan seperti menghindari adanya penerima dobel bantuan sosial dari pemerintah.

“Sebisa mungkin kami harus menghindari adanya penerima dobel seperti bantuan PKH, BPNT, BST, JPS Bima Ramah, JPS NTB Gemilang. Sebanyak 101 penerima  hari ini adalah orang-orang yang belum  menerima bantuan sosial lain dari pemerintah,” katanya.

Dijelaskan, penyaluran BLT-DD dilakukan setelah Pemerintah Desa Tangga Baru  melakukan berbagai tahapan yang kemudian calon penerima  di  putuskan melalui musyawarah desa.

“Bantuan BLT masing-masing sebanyak Rp 600 ribu per kepala keluarga dan akan disalurkan selama tiga bulan.  Dana tersebut bersumber dari Dana Desa tahun 2020 yang  memang diprioritaskan untuk penanganan Covid-19 seperti pemberian BLT dan penanganan lainnya,” katanya..

A. Rasyid berharap bantuan yang disalurkann dapat digunakan dengan baik dan dimanfaatkan untuk kebutuhan harian seperti kebutuhan sandang  dan pangan. Bukan dimanfaatkan untuk kepentingan lain.

“Kami berharap bantuan yang disalurkan dapat  dimanfaatkan dengan baik, untuk mengatasi kebutuhan hidup selama massa pandemi dan kami mengimbau kepada seluruh masyaratkat agar dalam aktivitas sehari-hari tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19 yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” pesannya.  

Kegiatan penyaluran BLT-DD, Desa Tangga Baru ini berjalan dengan tertib dan tetap memperhatikan protokol kesehatan covid-19. Penyaluran bantuan ini juga turut disaksikan Babinsa, Bhabinkamtibmas, BPD, Sekretaris Desa, Perangkat Desa, Tim Relawan Covid-19 dan unsur terkait lainnya. (WR-Al)