Pemdes Tangga Baru Dorong BUMDes Jadi Penggerak Ekonomi Desa

468
Kepala Desa Tangga Baru A. Rasyid, S.Sos

BIMA, Warta NTB – Dinilai memiliki peran strategis dalam mendorong peningkatan ekonomi desa, Pemerinta Desa Tangga Baru, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima terus memperkuat peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) agar menjadi badan usaha yang dapat meningkatkan perekonomian desa dan meningkatkan usaha masyarakat serta mampu mengelola potensi desa.

Kepala Desa Tangga Baru A. Rasyid S.Sos yang ditemui di kantor desa setempat, Kamis (5/11/2020) mengatakan, desa adalah ujung tombak pembangunan, oleh karena itu kami terus mendorong peran BUMDes untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sehingga masyarakat desa bisa sejahtera.

Kades membeberkan, untuk mewujudkan tujuan bersama itu, Pemerintah Desa Tangga Baru menggelontorkan anggara 240 juta sebagai modal usaha dan kelengkapan sarana BUMDes. Rincian anggaran tersebut digunakan untuk pembelian tanah dan pembangunan kandang usaha ayam potong serta pembangunan Ruko yang akan digunakan sebagai toko serba ada (Toserba).

“Diharapkan usaha  BUMDes bisa berjalan dengan baik dan berkelanjutan, sehingga secara otomatis akan meningkatkan perekonomian masyarakat desa,” ujarnya.

Selain itu, kata Kades, rencana kedepan pemerintah desa akan menggandeng pihak ketiga untuk diajak kersama dalam menciptakan peluang dan  jaringan pasar yang mendukung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa.

“Selain potensi alam, Desa Tangga Baru juga memiliki potensi pariwisata yakni Pantai Rontu yang perlu dikembangkan. Kalau potensi pariwisata sudah dikembangkan secara otomatis akan meningkat ekonomi masyarakat desa demikian juga dengan usaha yang dilakukan oleh BUMDes,” katanya.

Oleh karena itu, tambah Kades, pendirian BUMDes harus berorientasi pada kepemilikan bersama, yakni pemerintah dan masyarakat desa. Usaha ini tidak hanya memberikan manfaat secara finansial bagi pendapatan asli desa, tetapi juga harus berdampak luas yakni meningkatkan ekonomi, menciptakan lapangan kerja dan penguatan ekonomi masyarakat desa yang berkelanjutan.

“Kami berharap kehadiran BUMDes dapat menjadi mitra usaha yang mendukung keberadaan usaha masa masyarakat contohnya menjadi distributor atau agen sembako dan lainnya yang akan mendukung usaha masyarakat yang telah ada,” harapnya.

Di tempat yang sama Sekretaris Desa Tangga Baru Rusdin mengatakan, untuk mewujudkan keberhasilan usaha BUMDes dibutuhkan komitmen dan kerjasama seluruh komponen yang ada di desa.

“Dengan ketersediaan potensi dan sumber daya yang ada di desa, maka jika dikelola dengan baik BUMDes Desa Tangga Baru akan menjadi BUMDes yang maju dan bisa menjadi contoh bagi desa-desa lain,” katanya. (WR-Al)