Pemdes Sakuru Salurkan BLT-DD Tahap Satu Kepada 73 Penerima Manfaat

296
Kepala Desa Sakuru Soeharto, S.Pd meyerahkan BLT-DD kepada salah satu keluarga penerima manfaat di Desa Sakuru, Jumat (5/6/2020).

BIMA, Warta NTB – Sebanyak 73  kepala Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Desa Sakuru, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima menerima penyaluran Bantuan Langsung Tunai-Dana Desa (BLT-DD) tahap satu dari pemerintah desa setempat, Jumat (5/6/2020).

Penyaluran yang berlangsung di aula kantor desa tersebut dihadiri Kepala Desa Sakuru Soeharto, S.Pd, Sekretaris desa, aparatur desa, Ketua RT/RW, Kadus, Ketua BPD dan anggota, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pendamping Desa Abdollah, S,Pd, tokoh masyarakat dan keluarga penerima manfaat.

Kepala Desa Sakuru kepada wartantb.com mengatakan,  penyaluran BLT-DD tahap satu kepada keluarga penerima manfaat Desa Sakuru dilakukan setelah tahapan verifikasi, validasi dan finalisasi data dilakukan.

Semua tahapan, kata dia, dilakukan sesuai Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020 dan atturan-aturan lainnya.

“Tahapan demi tahapan telah kami lakukan, Alhamdulillah hari ini kami bisa menyalurkan BLT-DD kepada 73 orang penerima manfaat dan bantuan ini akan disalurkan selama tiga bulan dengan masing-masing menerima Rp 600 ribu per kepala  keluarga penerima,”  katanya.

Dia berharap, bantuan yang memang diprioritaskan kepada wargat kurang mampu dan yang terdampak akibat pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19 ini dapat membantu warga dalam mengatasi kesulitan ekonomi dan kebutuhan lain selama Covid-19 ditetapkan oleh pemerintah sebagai bencana non alam nasional.

“Kami harap bantuan ini dapat membantu masyarakat  dan kami juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar dalam menjalankan aktivitas sehari-hari tetap memperhatikan protokol kesehatan covid-19,” harapnya.

Kades muda ini menjelaskan, selain  BLT-DD yang bersumber dari Dana Desa, masyarakat Desa Sakuru juga mendapat bantuan sosial lainnya baik dari pemerintah pusat, provinsi dan daerah, seperti Bantuan Sosial  Tunai (BST) dari Kemensos, JPS NTB Gemilang dari provinsi dan JPS Bima Ramah dari pemerintah daerah Kabupaten Bima. Serta bantuan-bantuan lainnya seperti  PKH dan BPNT.

“Semua bantuan itu sebagai jaminan sosial pemerintah terutama untuk menghadapi keterpurukan ekonomi akibat pandemi  virus corona,” pungkasnya. (WR-Al)