Pasukan Irak: ISIS Mundur Ke Daerah Gurun

396
Artileri milik tentara Irak terlihat di barat daya Kirkuk, Irak, Selasa (17/10/2017). (REUTERS/Alaa Al-Marjani)

Baghdad, Warta NTB – Pasukan Irak mengatakan bahwa gerilyawan kelompok ISIS mundur ke daerah gurun untuk menghindari serangan yang ditujukan untuk membumihanguskan ekstremis tersebut, Jumat (24/11/2017) waktu setempat.

ISIS sudah diusir dari beberapa kota yang pernah mereka kuasai, tetapi Perdana Menteri Haider al-Abadi mengatakan bahwa dia tidak akan mengumumkan kemenangan sampai ekstremis tersebut benar-benar terusir dari gurun barat yang berbatasan dengan Suriah.

Pasukan paramiliter Hashed al-Shaabi (Pergerakan Rakyat) mengatakan gerilyawan mereka telah merebut kontrol 77 desa dan dusun sejak peluncuran serangan pada Kamis pagi.

Mereka mengatakan lima ekstremis sudah dibunuh di bagian selatan kota gurun Hatra, seperti dilansir AFP.

Hashed mengatakan gerilyawan mereka, yang terutama direkrut dari milisi Syiah, menyerbu sebuah lapangan terbang di area yang sama, tempat mereka menemukan gudang bawah tanah yang digunakan oleh ekstremis.

Bantuan udara untuk serangan itu yang juga melibatkan militer dan polisi federal itu sejauh ini telah diberikan secara eksklusif oleh angkatan udara Irak.

Koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS), yang memberikan bantuan udara bagi serangan lain untuk melawan ISIS di Irak, mengatakan bahwa mereka tidak melancarkan serangan pada Kamis. [ant]