Paskibraka Kabupaten Bima Resmi Dikukuhkan

277

BIMA, Warta NTB – Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Bima yang akan melaksanakan tugas mengibarkan bendera pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesi (HUT RI) ke-74 tingkat Kabupaten Bima di halaman kantor Bupati Bima besok.

Pengukuhan yang berlangsung di aula rapat Bupati Bima, Jumat (16/8/2019) dihadiri Wakil Bima Drs. H. Dahlan M. Noer, Asisten Administrasi Umum Setda Bima, Para Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Bima, para pelatih, orang tua serta para anggota paskibraka.

Pada kesempatan itu, Bupati Bima menyampaikan ucapan selamat atas dikukuhkannya Paskibraka Kabupaten Bima tahun 2019.

“Atas nama pemerintah Kabupaten Bima saya mengucapkan selamat atas dikukuhkannua Paskibraka 2019,
kalian merupakan putra-putri terbaik Kabupaten Bima yang dinyatakan lulus seleksi dengan berbagai proses dan tahapan yang harus dilalui,” katanya.

Kata Bupati, hal itu merupakan sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi Paskibraka dan juga orang tua yang hadir di tengah-tengah kita hari ini

Dengan terpilihnya sebagai anggota paskibraka menunjukkan bahwa kalian memiliki kemampuan dan memenuhi syarat sebagai anggota paskibraka dengan ketahanan fisik yang prima, postur tubuh yang sesuai, mental dan moralitas yang baik, serta disiplin yang tinggi.

Sebelum dikukuhkan menjadi anggota paskibra kalian telah menjalani serangkaian pendidikan dan latihan yang bertujuan memantapkan ketahanan fisik maupun kesiapan mental demi suksesnya pengibaran dan penurunan bendera merah putih pada peringatan HUT RI di Kabupaten Bima tahun 2019.

Di samping menjalani penempaan secara fisik juga dilakukan penempaan mental yang sangat diperlukan dalam melaksanakan pengibaran bendera merah putih.

“Tentunya dengan serangkaian pendidikan dan latihan yang dijalani akan berguna bagi anggota paskibraka di masa yang akan datang,” ujar Bupati.

Bupati Bima berpesan agar hasil pendidikandan latihan yang telah dilaksanakan selama ini dapat menjiwai sikap dan perilaku keseharian sehingga menjadi contoh dan tauladan bagi pelajar dan generasi muda lainnya.

Di tempat yang sama, Kabid Paudnipora pada Dikbudpora Kabupaten Bima Drs. Chairunas, M.Pd mengatakan, anggota paskibraka merupakan para siswa dan siswi yang berasal dari Sekolah Menengah Atas (SMA) tiap-tiap kecamatan yang telah melalui serangkaian seleksi.

“Jumlah mereka sebanyak 76 orang terdiri dari kelompok 17, kelompok 8 dan kelompok 45,” katanya.

Pria yang akrab disapa Dae Ko’o ini menjelaskan, selama masa pelatihan mereka ini dididik di Ponpes Al-Maliki yang tidak jauh dari kantor Bupati Bima, dimana setiap paginya mereka melakukan latihan di halaman kantor bupati sebagai tempat akan dilaksanakannya upacara peringatan HUT RI ke-74 tingkat Kabupaten Bima.

Selain itu lanjut Dae Ko’o, pemerintah Kabupaten Bima juga telah mengirim tiga utusannya untuk menjadi pengibar bendera di upacara peringatan HUT RI ke-74 tingkat Provinsi NTB.

“Itu semua adalah upaya mengharumkan nama daerah Kabupaten Bima di kancah Provinsi NTB,” ujar Dae Ko’o.

Momentum pengukuhan ditandai dengan pemasangan kendit pada salah satu peserta pasukan pengibar bendera yang dilakukan Bupati. (WR-Man)