Mustakim dan Isnaini Serap Aspirasi Masyarakat Kecamatan Monta

212

BIMA, Warta NTB – Dua anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bima Daerah Pemilihan (Dapil) I Woha, Monta, Parado melakukan reses masa sidang ke-III tahun 2019 di Desa Tangga, Kecamatan Monta, Sabtu (16/11/2019).

Mereka yang melaksanakan reses adalah Mustakim H. Abdurrahman utusan Partai Nasdem asal Kecamatan Monta dan Muhammad Isnaini duta Partai Demokrat asal Kecamatan Woha.

Kehadiran dua orang anggota dewan perwakilan rakyat ini disambut antusias warga Desa Tangga dan beberapa perwakilan masyarakat seperti Kepala Desa Sie, Tangga, Waro dan perwakilan BPD beberapa desa di wilyah Monta Utara. Pada kesempatan itu hadir pula Camat Monta Drs. Nurdin.

Mustakim mengatakan, reses merupakan kegiatan dewan yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Di sana disebutkan anggota DPRD mempunyai beberapa kewajiban misalnya menyerap dan menghimpun aspirasi konstituen melalui kunjungan kerja secara berkala, menampung dan menindaklanjuti aspirasi dan pengaduan masyarakat.

“Serta memberikan pertanggung jawaban secara moral dan politis kepada konstituen di daerah pemilihannya. Dengan adanya reses apa yang menjadi keluh kesah masyarakat selama ini dapat disampaikan langsung kepada wakil mereka yang duduk di parlemen,” jelasnya.

Duta Nasdem putra asli Desa Tangga Kecamatan Monta ini menuturkan, kegiatan reses merupakan kunjungan lapangan yang dilakukan anggota dewan untuk bertemu dan bersilaturahmi dengan masyarakat sembari menyarap aspirasi.

“Lewat kesempatan ini usulan masyarakat akan kami sampaikan dalam rapat bersama pimpinan dan anggota dewan yang lainnya. Aspirasi juga akan kita sesuaikan dengan anggaran daerah. Untuk itu apabila belum terealisasi jangan cepat kecewa dan aspirasi itu akan tetap kami perjuangkan,” ujarnya.

Terkait pembangunan daerah, kata Mustakim, Dapail I merupakan Ibu Kota Kabupaten Bima. Kami yang duduk sebagai anggota dewan Dapil I akan terus memperjuangkan aspirasi masyarakat baik dalam bentuk pembangunan maupun pemberdayaan.

“Satu demi satu akan kami benahi yang nantinya akan membawa perubahan untuk masyarakat Dapil I sesuai dengan Restorasi motto Partai Nasdem yaitu perubahan,” tegasnya.

Oleh karena itu, melalui reses tersebut, Mustakim meminta kepada masyarakat agar menyampaikan dan menyalurkan apirasinya agar bisa diperjuangkan dalan sidang parlemen.

“Hari ini adalah kesempatan bagi masyarakat untuk menyalurkan aspirasi, apa yang disampaikan akan kami catat dan akan diperjuangkan yang nantinya akan ada skala prioritas dan tidak, tetapi jangan berkecil hati apa yang disampaikan masyarakat akan tetap kami perjuangkan,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Muhahammad Isnaini mengatakan, DPRD adalah reseprentasi dari rakyat untuk bersuara dan berbicara di gedung parlemen demi kepentingan rakyat.

“Melalui reses ini kami ingin mengatahui apa saja yang menjadi keinginan masyarak, melali penyerapan aspirasi kami akan mengetahui apa saja yang akan diperjuangkan, sehingga saat rapat dewa kami tidak asal bicara, tetapi ada aspirasi masyarakat yang akan kami perjuangkan,” ujar pria asal Desa Tente yang biasa dipanggil Ovan.

Pada kesempatan itu, Kepala Desa Tangga Zubair, SH menyampaikan beberapa harapan masyarakat yakni peningkatan jalan ekonomi tani berupa jalan lingkar padat karya yang berada di sebelah barat Desa Tangga yang menghubungkan dengan Desa Sakuru dapat ditingkatkan.

Zubair juga meminta agar jalan lingkar disebelah timur Desa Tangga yang menghubung Desa Sie dan lahan persawahan warga dapat ditingkatkan ke jalan ekonomi tani.

“Selain itu harapan masyarakat adalah penataan lapangan Desa Tangga dengan pengurukan dan penimbunan serta pembukaan dan peningkatan jalan menuju TPU Rade Wila Desa Tangga,” jelasnya.

Kades Waro Muhammad Ali, SH pada kesempatan itu, menyampaikan beberapa harapan warga desanya di antaranya, meminta pemagaran pagar So bronjong sepanjang 4 kilometer yang sebelumnya sudah dipagar sepanjang 14 kilometer melalui alokasi dana desa.

Dia juga meminta agar melalui dana aspirasis dewan bisa mengerjakan peningkatan jalan tani yang menghubungkan Wacakudi dan lahan pertanian warga. Kepada dewan, Kades Waro meminta agar mendorong pemekaran Kecamatan Monta Selatan dan mendukung pembangunan SMK Pariwisata yang sedang direncanakan dan diusulkan warga di wilayah Monta Selatan.

Kegiatan reses yang digelar di RT.10 Desa Tangga ini dibanjiri apirasi selain aspirasi di atas ada sejumlah aspirasi lain yang disampaikan masyarakat seperti permintaan mesin cacah rumput untuk peternak sapi, permintaan alat pertukangan, pemberdayaan melalui ternak unggas, bantuan dana Kube, pembangunan infrastruktur pertanian dan lingkungan seperti pengaspalan jalan dan rabat gang. (WR)