Mahasiswa KKN IAI Muhammadiyah Bima Gelar Baksos Bersih TPU Desa Bre

537

BIMA, Warta NTB – Sejumlah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN PAR) Isntitut Agama Islam (IAI) Muhammadiya Bima 2019 bersama karang taruna Desa Bre, Kecamatan Palibelo melaksanakan kegiatan Bhakti Sosisal di Tempat Pemakaman Umum (TPU) desa setempat.

Muhammad Saleh Ketua Posko KKN mengatakan, kegiatan baksos yang dilaksanakan, Jumat (31/5/2019) bersama karang taruna adalah salah satu program kerja mahasiswa KKN yang bertujuan untuk membantu masyarakat.

“Dengan kuburan yang bersih dan asri, maka masyarakat akan merasa nyaman saat berziarah di kuburan baik sebelum maupun sesudah idul fitri nanti,” jelasnya.

Sebelum baksos kata dia, pada malam hari dilakukan sosialisasi pada masyarakat agar ikut terlibat dan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah ternyata mendapat tanggapan positif dari masyarakat dan karang taruna yang ikut terlibat dalam kegiatan bakti sosial,” katanya.

Di tempat yang sama, Ketua karang taruna Desa Bre, Herman S.Pd mengatakan, masyarakat merespon positif kegiatan baksos yang digelar mahasiswa KKN.

“Masyarakat sangat mendukung dengan menyediakan alat yang dibutuhkan seperti cangkul, arit dan tenaga,” kata Herman.

Sementara itu, salah satu peserta KKN Asmudiyanto mengatakan, KKN berbasis PAR (Participatory Action Research) bertujuan untuk memberdayakan dan mengembangkan masyarakat melalui pendampingan dalam mewujudkan masyarakat transpormatif menuju kehidupan masyarakat kritis yang agamis, berkeadilan, mandiri dan demokratis.

Pada prinsipnya KKN PAR kata dia, mahasiswa bersama masyarakat melakukan identifikasi masalah perencanaan dan aksi untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang mereka hadapi.

“Di samping itu, nuansa penelitian serta kritik yang konstruktif terhadap kondisi masyarakat tersebut menjadi tugas independen mahasiswa sebagai bentuk laporan pertanggung jawaban atas keterlibatan mereka terhadap proses perubahan yang dilakukan bersama mayarakat,” katanya.

Ia menambahkan, dalam program KKN PAR di Desa Bre selain melaksanakan kegiatan Baksos pembersihan TPU juga akan dilaksanakan baksos bersih jalan dan membantu rehabilitasi masjid. (WR)