Kompak Forkopimda NTB, Patroli Bersama Malam Takbir di NTB

361

MATARAM, Warta NTB – Apel pengecekan persiapan pelaksanaan patroli gabungan dalam rangka sosialisasi atau memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tidak menyelenggaran takbiran keliling dan sholat idul Fitri 1441 H guna pencegahan penyebaran covid-19, dipimpim oleh Gubernur NTB didampingi Kapolda NTB dan Danrem 162/WB, bertempat di Lapangan Gajah Mada Polda NTB Jl. Langko Kecamatan Ampenan, Kota Mataram, Sabtu (23/5/2020).

Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc. dalam sambutannya menyampaikan, Patroli Gabungan bersekala besar yang kita laksanakan ini dalam rangka memberikan himbauam kepada masyarakat untuk tidak menyelenggarakan takbiran dan sholat Idhul Fitri di masjid ataupun lapangan, yang kita ketahui bersama menjelang pelaksanaan shalat Idul Fitri, semalam sebelumnya masyarakat melaksanakan pawai takbiran keliling, dan hal tersebut sudah rutin dilaksanakan setiap tahun, namun saat ini di tengah pandemi Covid-19 kegiatan tersebut ditiadakan atau dibatasi dengan tujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Provinsi NTB.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1441 H dan selamat menjalankan tugas kepada semua anggota TNI/Polri dan seluruh peserta apel patroli gabungan.

Usai apel pengecekan dilanjutkan patroli gabungan menyisir tempat-tempat keramaian dan masjid di wilayah Kota Mataram dengan rute Jl. Langko – Islamic Center – Jl. Airlangga – Jl. Pendidikan – Jl. Majapahit – Malomba – Jl. Langko – Masjid Al Mutaqqin – Lingkungan Banjar Kel. Dasan Agung – Masjid Raudatul Mutaqqin Dasan Agung – Islamic Center, menggunakan kendaraan roda 4 dan roda 2.

Kapolda NTB Irjen Pol Muhammad Iqbal, S.I.K, dalam wawancarannya bersama awak media menyampaikan, patroli gabungan yang dipimpin oleh Gubernur NTB beserta unsur TNI-Polri dalam rangka menyapa masyarakat kota Mataram pada khususnya dan NTB pada umumnya, hal ini dilakukan oleh unsur TNI-Polri di seluruh NTB ingin menyampaikan dan mengirimkan pesan bahwa TNI-Polri hadir di tengah masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19, kami menghimbau agar kegiatan takbiran dan sholat Idul Fitri bisa dilakukan di rumah saja.

Pada kesempatan tersebut Kapolda NTB juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat NTB atas kepatuhannya terhadap imbauan pemerintah terkait protokol Covid-19 dengan tidak melaksanakan takbir keliling dan cukup melaksanakan takbiran di masjid masing-masing guna menghindari penularan Covid-19 di wilayah NTB, kegiatan yang kita laksanakan malam ini juga menurut Kapolda NTB guna menghadirkan negara di tengah tengah masyarakat sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Kapolda NTB juga menyampaikan sekitar 5.000 personel Polri dari Polda NTB dan jajaran di Backup 3.000 personel TNI diterjunkan untuk mengamankan pelaksanaan malam takbiran dan pelaksanaan sholat Idul Fitri 1441 Hijriah.

“Kami berharap masyarakat tidak melaksanakan sholat Idul Fitri di lapangan namun silahkan melaksanakan sholat Ied di masjid atau tempat tertentu yang aman dan tidak terpapar Covid-19,” harapnya.

Sejalan dengan Kapolda NTB, Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han, dalam wawancaranya menyampaikan, sesuai dengan arahan pimpinan Korem 162/WB dan jajarannya akan mendukung penuh segala kegiatan yang diselenggarakan oleh jajaran Polda NTB yakni bekerjasama bahu membahu untuk menjamin keamanan dan ketertiban pelaksanaan hari raya Idul Fitri yang berpedoman ataupun sesuai dengan prosedur protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Kami juga sudah melihat ada beberapa titik-titik yang sudah menyiapkan masjidnya untuk melaksanakan salat Idul Fitri, dan sudah kami cek sudah memenuhi protokol covid-19 mulai dari pintu masuk sampai dengan pelaksanaan shalat dan bagaimana mereka keluar dari tempat ibadah mereka sudah siapkan sedemikian rupa, sehingga dengan pengaturan tersebut tidak terjadi pengumpulan orang di tempat-tempat ibadah tersebut,” pungkas Danrem.

“Mudah-mudahan ini berjalan sesuai dengan rencana agar tidak terjadi lagi penularan-penularan covid-19 di Nusa Tenggara Barat,” tutupnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Dandim 1606/Lobar, Danlanal Mataram, Danlanud ZAM, Kabinda NTB, PJU Polda NTB, Kapolresta Mataram, Kadishub NTB serta personel gabungan TNI-Polri, Denpom IX-2/Mataram, Satpol PP Prov. NTB dan Dishub Prov. NTB. (WR)