Kodim Bima Ditunjuk Sebagai Leading Sector Lomba Triathlon HUT Kota Bima

164
Pembukaan triathlon dalam rangka peringatan HUT Kota Bima ke-17 tahun 2019 di Pantai Lawata, Senin (8/4/2019).

BIMA, Warta NTB  – Walikota Bima H. Muhammad Lutfi SE secara resmi melepas 28 atlet peserta lomba triathlon dalam rangka peringatan HUT Kota Bima ke-17 tahun 2019 di Pantai Lawata, Senin (8/4/2019).

Peringatan HUT Kota Bima tahun ini cukup istimewa dari sebelumnya karena ada beberapa kegiatan yang belum pernah diadakan untuk menyambut HUT Kota Bima, salah satunya adalah lomba triathlon yang diikuti oleh peserta tingkat nasional dan daerah. Dalam hal ini Kodim 1608/Bima ditunjuk sebagai leading sector kegiatan.

Triathlon adalah sebuah ajang yang melibatkan tiga olahraga berbeda, yang mesti dituntaskan secara berurutan. Meski cukup bervariasi, tiga olahraga dalam triathlon umumnya adalah berenang, bersepeda, dan berlari. Jarak dari perlombaan triathlon ini sendiri cukup bervariasi.

Dandim 1608/Bima Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra selaku leading sector menjelaskan triathlon ini meliputi gabungan tiga cabang olahraga yaitu renang dengan jarak tempuh sekitar 750 meter, bersepeda dengan jarak tempuh 20 km dan lari dengan jarak tempuh 5 km.

“Para peserta lomba dibagi dalam 2 kategori yaitu kategori nasional dan kategori daerah. Cabang renang dilaksanakan di Pantai Lawata dengan batas-batas yang telah ditentukan, dilanjutkan dengan bersepeda dan lari melintasi Kota Bima,” sebut Bambang.

Dijelaskannya, para peserta kategori nasional berjumlah sebanyak 17 atlet yakni M. Taufik dari Jabar, M. Kadri dan Yandi Bahtiar dari NTB, Hari Rohman dan Juneddy Sinaga dari Jakarta, Jauhari Johan dari Palembang. Sedangkan yang dari Jatim Richo Galih Permana, Dedi Pristyoko, Selamet, Suryo, Sunardin dan Hadi.

Anggota TNI sebanyak 5 orang dari berbagai satuan antara lain dari Kodam XIV/Hasanuddin yakni Kapten Inf Andi Gumilang, Prada Sai Sarius, Pratu Moh. Rizal Darmawan dan Pratu Abd Hamli serta anggota Marinir Jatim Dedi.

“Untuk para peserta kategori daerah berjumlah 11 orang yakni dari Bima Sunardin, Naif, Fransiscus Kerol, Julkifli, M. Haikal, M. Arifudin dan Yan Suriansyah. Anggota Yonif 742/SWY sebanyak empat orang yakni Syahrul Ilham, Saprin, Andi Man dan Suriadi,” terangnya.

Dengan kehadiran atlit-atlit nasional dalam lomba, Dandim berharap agar masyarak terus mejaga kondusifitas wilayah Bima dan menjaga kebersihan lingkungan terutama wilayah pantai. “Mari sama-sama kita jaga suasana kondusif di wilayah Bima, kita jaga kebersihan lingkungan termasuk wilayah pantai , giat berolahraga untuk menjaga kesehatan maupun meraih prestasi,” ajaknya.

Dalam acara pembuakan lomba triathlon tersebut turut hadir Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan, SH, Ketua DPRD Kota Bima, Kapolres Bima Kota, Ketua Pengadilan Negeri Raba-Bima, Ketua GOW Kota Bima, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana, Sekda Kota Bima serta jajaran, dan unsur BUMN/BUMD.

Pada ajang lomba kategori nasional keluar sebagai juara I adalah Jauhari Johan dari Palembang disusul Kapten Inf Andi Gumilang dari Kodam XIV/Hasanuddin sebagai Juara II dan Yandi Bahtiar dari NTB sebagai Juara III.

Sedangkan kategori daerah, keluar sebagai Juara I Syahrul Ilham dari Kipan A Yonif 742/SWY disusul sebagai Juara II M. Haikal dari Kecamatan Mpunda Kota Bima dan Julkifli anggota Pol PP Kota Bima sebagai Juara III.

Masing-masing peserta lomba diberikan dana pembinaan dan hadiah plakat, untuk Juara I–IV kategori nasional juara satu mendapatkan hadiah sebesar Rp 15 juta, juara II Rp 12 juta, juara III Rp 8 juta, dan juara IV Rp  6 juta sedangkan untuk Juara V–VIII mendapatkan Rp 2 juta.

Sementara untuk kategori daerah Juara I diberikan hadiah Rp 3 juta, juara II Rp 2 juta, juara III Rp 1juta, juara IV Rp 1 juta dan juara V Rp 5 juta. (WR-Man)

Komentar Facebook di sini