Keunikan Desain Uma Lengge Akan Diteliti Tim UI

762

Bima, Wartantb.com – Keunikan desain arsitektur Uma Lengge mendapat perhatian dari Ikatan Mahasiswa Tehnik Arsitektur Universitas Indonesia untuk melakukan penelitian di tiga lokasi yaitu di Donggo, Wawo dan Sambori.

Saat ini Tim Advance Ekskursi, Raka dan kawan-kawan telah melakukan survey awal dan serangkaian koordinasi dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Bima untuk persiapan kedatangan Tim peneliti yang berjumlah 26 orang Pada tanggal 11 Juli 2017 dan penerimaan resmi oleh Bupati Bima pada tanggal 12 Juli 2017 yang selanjutnya akan menyebar di Wawo, Donggo dan Sambori.

Alhamdulillah, persiapan sudah rampung berkat jalinan koodrinasi dan komunikasi yang baik dengan Dinas Pariwisata, Dikbudpora, Camat Wawo, Camat Donggo, Camat Lambitu serta kepala desa di tiga kecamatan tersebut serta bagian Humas Protokol dan Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Bima.

Selama kegiatan Tim Advance ditemani oleh Kru Majelis Kebudayaan Mbojo (Makembo) dan telah banyak menyerap informasi dari anak anak Gong 96 STKIP Bima yang juga pernah melakukan penelitian tentang Uma Lengge, para tokoh adat dan masyarakat sekitar Uma Lengge. Selama penelitian Tim Ekskursi Uma Lengge akan menginap di pesanggarahan wawo,Donggo dan rumah rumah warga

Menurut rencana, hasil penelitian ini akan dipamerkan di Museum Nasional dan beberapa event untuk mendapatkan suporting program bagi upaya revitalisasi Uma Lengge sebagai salah satu warisan Arsitektur Tradisional Mbojo.

Mari beri dukungan demi mengangkat dan mempromosikan segala potensi sejarah, dan seni Budaya Mbojo. (WR)