Keren, Pemdes Tente Kembali Cairkan BLT-DD Tahap Dua

500
Kades Tente Azhar, SE didampingi Kabid Pemdes DPMDes Kabupaten Bima El Faisal, SE saat menyerahkan BLT-DD secara simbolis kepada penerima manfaat, Selasa (9/6/2020).

BIMA, Warta  NTB – Pemerintah Desa Tente, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima kembali mencairkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap dua kepada warga penerima manfaat dan warga kurang mampu akibat terdampak pandemi virus corona atau Covid-19 di desa setempat.

Desa yang dikomandoi Kepala Desa Azhar, SE ini memang tercatat sebagai desa yang selalu terdepan dalam menjalankan program-program desa sesuai tuntunan dan arah regulasi. Dengan penyaluran BLT-DD yang berlangsung di kantor desa setempat hari ini menjadikan Desa Tente adalah desa pertama se-Kabupaten Bima yang menyalurkan BLT-DD tahap kedua.

Penyaluran yang berlangsung, Selasa (9/6/2020) turut dihadiri Kabid Pemdes DPMDes Kabupaten Bima El Faisal, SE MM,  Kepala Desa Tente Azhar, Sekretaris Desa, Ketua BPD Sumri dan anggota, Bhabinkamtibmas Bripka A.Talib, Babinsa Serka Faris, perangkat desa, tokoh masyarakat dan penerima manfaat.

Kabid Pemdes Faisal dalam sambutannya mengatakan, bantuan BLT-DD merupakan dana yang  diprioritaskan oleh pemerintah pusat melalui Dana Desa (DD) untuk membantu warga kurang mampu dan terdampak akibat pandemi  virus corona.

“Melalui bantuan tersebut pemerintah igin memberikan jaminan sosial agar kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat tidak terpuruk selama masa pandemi Covid-19, lebih-lebih bagi warga kurang mampu  dan terdampak Covid-19,” ungkapnya.

Faisal berharap bantuan berupa uang tunai sebesar Rp 600 ribu per kepala keluarga tersebut dapat digunakan dengan baik untuk kebutuhan hidup selama masa pandemi corona yang telah ditetapkan pemerintah sebagai bencana non alam nasional.

“Sekiranya uang bantuan tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-sehari seperti untuk membeli makanan atau pakaian bukan untuk kepentingan lain apalagi untuk foya-foya,” ingatnya.

Kepada penerima manfaat, Faisal menyampaikan, ketika penerima manfaat  memilliki keperluan agar uang  bantuan tersebut dibelanjakan kepada para pedagang atau pengusaha di  Desa  Tente. “Tujuannya adalah agar uang tersebut berputar di desa dan sebagai dukungan terhadap peningkatan ekonomi warga lainnya sehingga meningkatkan pendapatan warga Desa Tente,” pesannya.

Perangkat Desa Tente mendatangi langsung warga lansia dan sakit untuk menyerahkan bantuan ke rumahnya masing-masing.

Di tempat yang sama,  Kepala Desa Tente Azhar, SE menyampaikan rasa syukur karena penyaluran BLT-DD tahap dua di Desa Tente dapat dilaksanakan sesuai rencana dan tepat waktu.

Itu semua, kata dia, tidak terlepas dari dukungan dan kontribusi yang diberikan oleh semua elemen dan unsur yang ada, mulai dari perangkat desa, sekretaris, Tim Relawan Covid-19, Babinsa, Bhabinkamtibmas, BPD, Kadus, Ketua RT/RW dan perangkat  lainnya yang telah memberikan dukungan sehingga setiap pelaksanaan kegiatan di desa tidak ada hambatan yang dihadapi.

“Apa yang kami lakukan tidak terlepasa dari dukungan dan kontribusi yang diberikan semua pihak yang ada di desa sehingga setiap program dan rencana kegiatan yang kami lakukan dapat berjalan sesuai rencana dan tepat waktu,” katanya.

Azhar menjelaskan, BLT-DD yang disalurkan kepada penerima manfaat tahap dua masih sama seperti jumlah penerima tahap satu, yakni sebanyak 106 penerima manfaat. Demikian juga dengan jumlah dana bantuan yang diterima  yakni Rp 600 ribu untuk masing-masing kepala keluarga.

“Kami berharap bantuan yang disalurkan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh penerima untuk memenuhi kebutuhan hidup selama pandemi corona dan saya juga tetap mengimbau kepada masyarat agar dalam menjalankan aktivitas sehari-sehari tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 karena kita tidak tahu kapan pandemi corona ini akan berakhir,” pesannya.

Selain itu dalam penyaluran BLT-DD Desa Tente, bagi warga penerima atau lansia yang tidak dapat menerima langsung bantuan di kantor desa. Perangkat Desa Tente mendatangi langsung rumah-rumah warga tersebut untuk menyerahkan bantuan yang menjadi hak mereka. (WR-Man)