Kenalkan Kampus, Dosen Politehnik Negeri Bima Kunjungi Sekolah

786
Sosialisasi dan pengenalan kampus yang dilaksanakan para dosen dan karyawan Universitas Mataram Politehnik Negeri Bima.

BIMA, Warta NTB – Sejumlah dosen dan karyawan Universitas Mataram Politehnik Negeri Bima, Sabtu (9/2/2019) melakukan kunjungan sekolah untuk memperkenalkan dan sosialisasi Perguruan Tinggi Negeri pertama di Kabupaten Bima kepada para siswa SMA sederajat se Pulau Sumbawa.

Dalam kegiatan sosialisasi para dosen dibagi dalam beberapa Tim diantaranya, Tim Sosialisasi di wilayan Kabupaten Bima terdiri dari Dr. Ir. Lukman HY. MP, Mardiansyah S.Pt M.Si, Sanca Rahmatullah S.Pi M.Si. dan Tim Sosialialisasi Kota Bima terdiri dari Nadira Karimatul Ilmi SP M.Si, M. Ridwan Saidi M.Si, Drh. Indra gunawan.

Selanjutnya Tim sosialisasi di Kabupaten Dompu terdiri dari  Ir. H. Oscar Yanuatianto Mp, Awan Dermawan S.Pi M.Si, Burhan S.Pt  M.Si. dan Tim wilayah Sumbawa terdiri dari  Alis Muhlis S.Pi M.Si, Dedi Supriadin S.Pt M.Si, Drh. Noer Saiful Hakim.

Mardiansyah salah satu dosen kampus setempat menjelaskan, kegiatan sosialisasi sengaja dilaksanakan pada masa transisi, dimana para siswa kelas 3 SMA sederajat sebentar lagi akan melaksanakan Ujian Nasional (UN) sehingga membutuhkan informasi dan pilihan yang cukup untuk melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi.

“Untuk itu, sejumlah dosen dan karyawan Universitas Mataram Politehnik Negeri Bima berinisiatif mengunjungi sekolah SMA sederajat se Pulau Sumbawa untuk memperkenalkan dan memberikan informasi tentang kampus kami kepada para siswa,” jelasnya.

Lebih lanjut, Mardiansyah mengatakan, kegiatan sosialisasi di setiap sekolah diawali dengan pemutaran video profil tentang kampus Politehnik Bima yang dilanjutkan dengan pemaparan materi.

“Penyampaian materi akan diberikan secara bergilir oleh para dosen, seperti mengenai persiapan seleksi nasional masuk Universitas Politehnik Bima dan beberapa materi dan informasi penting lain yang dibutuhkan para siswa menjelang masuk perguruan tinggi,” katanya.

Selain mempromosikan profil kampus, Ia juga menjelaskan tentang peluang usaha di bidang perikanan dan peternakan yang sesuai dengan jurusan yang ada di Universitas Politehnik Negeri Bima seperti  jurusan Produksi Ternak, Kesehatan Hewan dan Budidaya Perairan yang merupakan jurusan keahlian yang mengedepankan ilmu terapan yang siap diimpelementasikan secara langsung di masyarakat.

Menurutnya, kegiatan sosialisasi dan pengenalan kampus akan terus dilakukan setiap tahun dengan mengelilingi sekolah SMA sederajat yang ada di pulau sumbawa.

“Sosialisasi memang sangat dibutuhkan oleh para siswa kelas 3 yang sedang banyak membutuhkan informasi mengenai dunia kampus menjelang SNMPTN-SBMPTN, maka kami berinisiatif  melakukan sosialialisasi di seluruh SMA sederajat di Pulau Sumbawa, khususnya mempromosikan Politehnik Negeri Bima,” tutupnya.

Sementara, sekolah yang menjadi kunjungan pertama para dosen dan karyawan Politehnik Negeri Bima di Kabupaten Bima adalah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Langgudu. Rombongan yang hadir disambut langsung oleh Kepala Sekolah H. Eddy Salkam S.Pd bersama dewan guru dan para siswa kelas 3 sekolah setempat.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah menyampaikan ucapan terimakasih kepada para dosen Politehnik Negeri Bima yang telah memberikan sosialisasi kepada siswa kelas 3 di sekolahnya.

“Setidaknya dengan kegiatan sosialisasi akan ada gambaran kepada siswa mengenai nuansa akademis di perguruan tinggi yang akan menjadi pilihan mereka nantinya,” kata Dia.

H. Eddy berharap, dengan melihat gambar yang dipaparkan para dosen, siswa di sekolahnya memiliki keinginan untuk melanjutkan kuliah di Politehnik Negeri Bima.

“Dengan gambaran dan prospek awal yang diberikan, kami berharap para siswa kami nantinya, akan banyak yang melanjutkan kuliah di Politehnik Negeri Bima,” harapnya. (WR-04)