Kapolresta Mataram Terjunkan Personel Bantu Evakuasi Pohon Tumbang

161
Personel Polresta Mataram yang diterjunkan untuk membantu evakuasi Pohon Tumbang akibat hujan deras dan angin kencang yang terjadi di wilayah Kota Mataram, Minggu (15/11/2020).

MATARAM, Warta NTB – Cuaca ekstrim berupa hujan deras dan angin kencang yang menumbangkan sejumlah pohon yang ada di Kota Mataram, membuat Kapolresta Mataram, Kombes Pol Guntur Herditrianto harus menerjunkan personilnya untuk membantu evakuasi dan membersihkan pohon tumbang yang menutupi badan jalan di sepanjang jalan Kota Mataram.

Peristiwa hujan deras dan angin kencang yang melanda Kota Mataram, Minggu (15/11/2020) siang, menyebabkan sedikitnya 15 pohon tumbang dengan lokasi dan titik yang berbeda. Untuk membantu evakuasi pohon tumbang selain menurunkan personel Poresta Mataram juga menurunkan alat potong.

Kapolresta Mataram, Kombes Pol Guntur Herditrianto menyampaikan, pasca terjadinya hujan deras dan angin kencang kepolisian bersama pihak terkait langsung melakukan evakuasi sejumlah pohon yang tumbang yang menutupi dan jalan dan menimpa kabel listrik.

“Selain menurunkan personel, kami juga menurunkan alat potong untuk mempercepat proses evakuasi,” katanya.

Untuk memantau evakuasi dan melihat kerusakan akibat cuaca ekstrim tersebut, Kapolresta turun langsung mengecek ke sejumlah lokasi. “Untuk penanganan pohon tumbang sudah ditangani oleh Kepolisian dibantu TNI, BPBD, Dinas Perkim dan masyarakat setempat,’’ ungkap Kombes Guntur.

Kombes Guntur membeberkan, selain menimpa kabel listrik, pohon tumbang juga menimpa dua unit mobil yang sedang melintas, yakni mobil Avanza warna putih dan Toyota Yaris yang tertimpa pohon di Jalan Sriwijaya. “Dari dua musibah itu, tidak ada korban jiwa,” bebernya.

Selain mengecek pohon tumbang,  Kapolresta juga mengunjungi pemukiman warga untuk melihat kondisi rumah warga yang tersapu angin puting beliung di wilayah Pagutan. Ia juga memerintahkan personelnya untuk membantu masyarakat dan mengingatkan masyarak agar tetap berhati-hati dalam  kondisi cuaca yang mulai memasuki musim hujan.“Tetap berhati-hati dan waspada. Kalau tidak terlalu penting jangan dulu keluar rumah,”  pesannya.

Dari data yang di rilis BPBD Provinsi NTB terdapat beberapa titik lokasi pohon tumbang di antaranya di  Jl. Sriwijaya Mataram terdapat 9 pohon tumbang, Jl. Lingkar Selatan Mataram 2 pohon tumbang,  Jl. Sapta Pesona Pagutan Mataram 2 pohon tumbang dan  Jl. TGH. Lopan Labuapi 1 pohon tumbang. Selain pohon tumbang dolaporkan adan 6 unit rumah warga yang mengalami rusak ringan dan sedang akibat peristiwa ini. (WR-02)