Kapolres Dompu Lakukan Kunjungan Kerja dan Silaturahmi ke Polsek Pekat

388

DOMPU, Warta NTB – Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH S.IK melakukan kunjungan kerja sekaligus melakukan silaturahmi ke Polsek Pekat, Senin (20/1/2020). Kegiatan ini merupakan kunjungan kerja perdana sejak diangkat menjadi Kapolres Dompu beberapa waktu yang lalu.

Hadir bersama rombongan ketua Bhayangkari cabng Dompu Ny. Susi Syarif beserta anggota, Kasat Reskrim Polres Dompu AKP Reza Fahmi, SH, S.IK, Kasat Lantas Polres Dompu Iptu I Wayan Sukarsana, SH, Kasat Binmas Polres Dompu Iptu Jailani, Kasat Polairud Polres Dompu Iptu Lalu Muh. Ikhsan, Kasi Propam Iptu Rusdi, Kasium Aipda Swida, Dokes Polres Dompu Brigadir Yusraruddin, Paur Humas Aiptu Hudjaifah.

Mengawali acara, Kapolsek Pekat dalam sambutannya menyampaikan
ucapan terima kasih kepada para tamu undangan yang telah bersedia hadir dalam kegiatan kunjungan Kapolres Dompu.

“Kami ucapkan terima kasih karena pada kesempatan ini Kapolres Dompu bisa bersilaturahmi dan bertatap muka dengan Muspika Pekat, Kades se Kecamatan Pekat dan para tokoh masyarakat se Kecamatan Pekat,” ucapnya.

Kata dia, Kecamatan Pekat adalah wilayah yang terjauh dan terluas di Kabupaten Dompu. Sumber Daya Alam (SDA) terdapat Taman Nasional Gunung Tambora. Selain sebagai pelepasan ternak warga di Gunung Tambora juga setiap tahun akan diadakan kegiatan tambora menyapa dunia, selain itu juga terdapat Pulau Satonda yang menjadi icon Dompu.

Dijelaskan Kapolsek, untuk kasus yang sering terjadi di wilayah tersebut adalah kasus 3C (Curas, Curat dan Curanmor) kemudian ada juga Indikasi kasus Illegal loging.

“Perbandingan Kasus tahun 2018 s/d 2019 didominasi kasus konvensional dan alhamdulillah di tahun 2018 kami mampu selesaikan 100 persen dan 2019 menurun dan diselesaikan 65 porsen,” jelas Kapolsek.

Pada kesempatan itu, Kapolres Donpu mengatakan, sebagai kapolres yang baru, ia akan melakukan kunjungam kerja dan silaturahmi dengan suluruh tokoh masyarakat dan jajaran Polsek yang ada di wilayah hukum Polres Dompu.

“Dalam kegiatan silaturahmi dan kunjungan kerja kami awali dulu dengan lokasi Polsek terjauh yani Polsek Pekat,” katanya.

Terkait kegiatan Pemilihan Kepala Daerah Serentak tahun 2020, Kapolres meminta kerjasama semua pihak untuk menjaga kamtibmas karena wilayah dompu juga termasuk salah daerah yang pemilihan kepala daerah di NTB, yakni Bupati dan Wakil Bupati Dompu tahun 2020.

“Terkait Pilkada kita ketahui bahwa di Pulau sumbawa dinilai daerah yang kamtibmasnya paling rawan di NTB, namun pada pemilu kemarin alhamdulillah daerah kita mendapat penghargaan sebagai daerah yang paling aman berkat kerjasama semua pihak,” ucapnya.

Kapolres juga meyorot bahwa sebelum masa kampanye dimulai, saat ini sudah marak berita Hoax atau bohong yang beredar di media sosial, hal tersebut perlu disikapi dengan bijaksana dan kepala dingin.

Disebutkan Kapolres, sumber daya alam di Dompu sangatlah banyak terutama di wilayah Kecamatan Pekat, hal itu sangatlah menguntungkan bagi masyarakat sehingga banyak invesntor yang masuk dan menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

“Sebagian besar penduduk masyarakat adalah pendatang, meskipun demikian kita semua adalah keluarga walau berbeda suku, ras dan agama. Kita juga harus hidup rukun dalam bingkai negara kesatuan republik Indonesia,” katanya.

Kapolres juga berpesan kepada anggota untuk dapat menempatkan diri dengan baik di tengah masyarakat dan bersama-sama menjaga kamtibmas dan menyelesaikan setiap permasalahan yang ada di tengah masyarakat.

“Terakhir saya juga mengajak kepada semua pihak untuk bekerjasama dalam menjaga Kamtibmas di wilayah Kabupaten Dompu,” ajaknya.

Pada pertemuan tersebut, sejumlah tokoh masyarakat memyampaikan beberapa harapan di antaranya penghentian kasus illegal logging agar para pelaku ditangkap dan diproses hukum. Terkait persoalan pembebesan lahan warga dengan PT SMS agar dapat difasilitasi oleh pihak kepolisian.

Acara silaturahmi ini diakhiri dengan shalat dzuhur berjamaah di masjid
At-Taqwa Desa Pekat, Kecamatan Pekat. Pada kesempatan itu Kapolres juga memberikan bantuan 30 zak semen untuk membantu pembangunan Masjid At-Taqwa Desa Pekat yang ditetima langsung oleh para pengurus masjid. (WR-Syam)