Kapolda NTB Bersama Ketua Bhayangkari Beri Bantuan Korban Gempa KLU

180
Kapolda NTB Irjen Pol Drs. Nana Sudjana AS, MM didampingi Ketua Bhayangkari Daerah NTB Ny. Shinta Nana Sudjana menyarahkan bantuan sembko pada korban gempa di Lombok Utara.

MATARAM, Warta NTB – Kapolda Nusa Tenggara Barat Irjen Pol Drs. Nana Sudjana AS, MM didampingi Ketua Bhayangkari Daerah NTB Ny. Shinta Nana Sudjana dan staf, Selasa (17/9/2019) melakukan kegiatan Bhakti Sosial memberikan bantuan pada korban gempa bumi di Kabupaten Lombok Utara yang terjadi tahun 2018 silam.

Kegiatan bhakti sosial dan peduli kemanusiaan dilakukan Kapolda dan istri di dua lokasi, yakni pemberian bantuan sembako kepada masyarakat Dusun Jeruk Manis, Desa Menggala Barat, Kecamatan Pemenang yang keadaan rumahnya masih dalam proses rehab rekon dan lokasi kedua penyerahan buku dan bantuan dana kepada sekolah SDN 2 dan SMPN 1 di Dusun Nyangget, Desa Tanjung, Kecamatan Tanjung yang masih belajar di tempat darurat.

Dalam sambutannya Kapolda NTB menyampaikan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Polda NTB dalam meringankan beban masyarakat yang pernah tertimpa bencana gempa bumi agar segera bangkit kembali. Mengenai tahap rehabilitasi dan rekonstruksi pasca gempa bumi, TNI Polri akan tetap terus memberikan bantuan kepada korban gempa.

“Sementara terkait dengan permasalahan pembangunan rumah tahan gempa, kami juga tetap mengawal proses percepatan pembangunan. Kami berharap pembangunan rumah tahan gempa cepat selesai. Apabila ada oknum-oknum yang memanfaatkan proses ini, silahkan dilaporkan dan tentunya akan kami tindak,” tegas Kapolda.

Kapolda menjelaskan, saat ini pembangunan sudah mencapai 70 persen, untuk itu mari kita bersama-sama membangun Lombok agar cepat kembali pulih.

Ketika mengunjungi sekolah yang gedungnya masih rusak akibat gempa, Kapolda NTB menyampaikan pesan Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah serta para guru dan murid agar tetap beraktivitas belajar dan mengajar seperti biasa, walau kondisi gedung belum selesai diperbaiki.

“Kepada para siswa teruslah belajar dan berprestasi. Saya titip pesan juga agar anak-anak tidak terjerumus kepada penyalahgunaan obat-obatan dan narkoba,” pesannya.

Kegiatan bhakti sosial yang dilaksankan Kapolda bersama Ketua Bhayangkari dan rombongan dilanjutkan dengan bersilaturahmi ke pengurus TPQ yang ada di sekitar SD dan SMP yang didatangi.

Dalam kunjungannya di TPQ, Jenderal bintang dua ini memberikan bantuan dana untuk pembangunan tempat pendidikan Alquran yang diasuh Ustadz  Dedi. Kemudian tempat terakhir yang dikunjungi Kapolda NTB adalah Pura Dalam Tanjung, Kapolda juga memberikan bantuan dana untuk pembangunan pura dengan harapan kehidupan toleransi umat beragama dapat berjalan terus harmonis seperti pada saat ini.

Di tempat yang sama, Asisten II Pemda Kabupaten Lombok Utara Ir. Hermanto yang menyambut Kapolda NTB menyampaikan apresiasi kegiatan Bhakti Sosial Polda NTB sebagai bentuk kedekatan dan kepedulian Polda NTB terhadap masyarakat Lombok Utara.

“Gempa bumi yang terjadi satu tahun silam meyebabkan kerusakan rumah sebanyak 53 ribu rusak berat, 5 ribu rusak sedang, 10 ribu rusak ringan cukup membuat shock kehidupan masyarakat. Dengan adanya kepedulian dan kemanusiaan ini masyarakat lebih semangat menata kehidupannya kembali,” ujar Hermanto.

Hermanto juga menyamapaikan imbauan kepada agar pada  musim kemarau ini, tidak membakar lahan di bukit atau membuang puntung rokok sembarangan sehingga akan menyebabkan terjadinya kebakaran lahan atau hutan. (WR)