Kantor Pos Palibelo Layani Pencairan BST, Warga Diminta Tidak Berkerumun

128
Penyaluran BST Kemensos di Kantor Pos Kecamatan Palibelo.

BIMA, Warta NTB – Sejak dilaunching Bupati Bima Hj. Indah  Dhamayanti Putri pada hari Selasa lalu, semua Kantor Pos yang ada di wilayah Kabupaten Bima mulai menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial kepada warga kurang mampu yang terdampak Virus Corona (Covid-19).

Di Kecamatan Palibelo sendiri penyaluran BST mulai dilakukan Kantor Pos Palibelo sejak hari, Rabu (20/5//2020). Penyaluran ini dilakukan dengan menjadwal beberapa desa per hari dengan pengaturan jadwal  yang telah ditetapkan.

Kepala Kantor Pos Palibelo Crisna yang ditemui di  kator pos setempat,  Kamis (21/5/2020) mengatakan, penyaluran BST untuk masyarakat Palibelo telah dilakuka sejak hari Selasa dengan jumlah desa yang telah dijadwalkan.

“Untuk hari ini kami menyalurkan BST untuk empat desa yakni Desa Panda, Desa Teke, Desa Tonggondoa, dan Desa Roi.  Masing-masing kepala keluarga penerima manfaat menerima bantuan BST sebesar Rp 600 ribu,”  katanya, Kamis siang.

Adapun persyaratan pencairan BST, kata Crisna, bagi calon penerima agar membawa foto Kopi KTP dan KK, dan bagi warga yang meninggal bisa diwariskan kepada anaknya dengan mendapat  surat keterangan dari desa.

“Hari ini penyaluran diawali Desa Panda diikuti oleh desa-desa lain, sementara hari pertama desa yang sudah melakukan pencairan, yakni Desa Belo, Desa Dore dan Desa Nata,” jelasnya.

Dalam penyaluran BST, Crisna meminta kepada penerima yang mengantri agar mengikuti ptokol kesehatan terkait pencegahan covid-19 dengan penerapkan physical distancing atau menjaga jarak serta mengantri di tempat yang telah disediakan.

“Protol kesehatan juga harus kita perhatikan, warga yang mengantri agar tidak berkerumun di satu titik dan tempati kursi yang disediakan sembari menunggu giliran untuk dipanggil petugas,” ucapnya.  (WR-Man)