Jalin Sinergitas, Panwascam Monta Silaturahmi dengan Muspika

506

BIMA, Warta NTB – Pasca dilantikan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Bima beberapa waktu lalu. Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Monta melakukan silaturahmi dengan Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Monta, Jumat (27/12/2019).

Ketua Panwascam Monta Murdiyono, S.Hum mengatakan, kunjungan silaturahmi dilakukan sebagi upaya untuk menjalin kerjasama dan sinergitas antara Panwascam dengan Muspika dalam menyukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima tahun 2020 di Kecamatan Monta.

“Momen ini juga kami manfaatkan untuk memperkenal diri sebagai anggota Panwascam yang baru dialantik oleh ketua Bawaslu Kabupaten Bima beberapa hari yang lalu,” terang pria yang akrab disapa Dijon ini.

Dijon mengungkapkan, silaturahmi penting dilakukan karena peran Pengawasan Pilkada membutuhkan dukungan Muspika dan seluruh komponen serta stakeholder lainnya agar pelaksanaan Pilkada bisa berjalan sesuai dengan ritme peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Dalam melaksanakan tugas pengawasan kami tetap menjujung tinggi kode etik dan sebagai upaya pencegahan terhadap pelanggaran Pilkada, kami akan tetap intens melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Muspika serta komunikasi lintas lembaga yang terkait dengan penyelenggaraan Pilkada,” kata Dijon yang didampingi dua anggota Panwascam lain Muhammad Nasir, S.Pdi dan Al Furqan, S.Sos.

Lanjut Dijon, dalam silaturahmi ini kami mengunjungi langsung kantor masing-masing seperti Camat Monta, Danramil Monta dan Kapolsek Monta. “Alhamdulillah hari ini semua Muspika berada di kantor dan menerima kedatangan kami dengan hangat, Kegiatan ini juga untuk menindaklanjuti perintah atasan untuk segera melakukan sosialisasi diri dan silaturhami dengan Muspika yang dilakukan oleh Panwscam di masing-masing kecamatan se Kabupaten Bima,” jelasnya.

Camat Monta Drs. Nurdin yang menerima kunjungan anggota Panwscam setempat mengatakan, sebagai pimpinan kecamatan kami menyambut baik kedatangan anggota Panwascam Monta kerena menurutnya ini sebagai langkah awal membangun sinergitas menyukseskan Pilkada di wilayah kecamatan.

“Kesuksesan Pilkada adalah bagian dari tanggung jawab Muspika sehingga melalui silaturahmi ini kita bisa membicarakan potensi-potensi dan kerawanan Pilkada sehingga kita bisa memberikan perhatian khusus terhadap potensi tersebut,”  katanya.

Kapolsek Monta Iptu Takim meyampaikan ucapan selamat kepada para anggota Panwascam Monta yang telah dilantik karena dari beberapa anggota panwascam Monta yang hadir ada yang cukup dikenalnya karena sebelumnya telah lama berkecimpung di dunia penyelenggara Pemilu seperti Muhammad Nasir anggota Panwscan Monta beberapa periode dan Al Furqan ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Monta beberapa periode.

“Bagi saya beberapa anggota Panwascam ini tidak asing. Intinya dalam penyelenggara Pilkada nanti kami dari aparat kepolisian siap medukung dari sisi keamanan dan kami berharap pelaksanaan Pilkada nanti bisa berjalan suskses, aman, damai dan lancar yang tentunya harus didukung oleh semua pihak,” katanya.

Danramil 1608-07/Monta Mayor Inf. Syaharudin menyambut kedatangan Pawascam menyampaikan pesan agar dalam menjalankan tugas Panwascam tetap berpedoman pada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku serta menjaga integritas dan independensi sebagai penyelenggara pemilu.

“Saat pelantikan saya hadir mewakili Dandim 1608/Bima, jadi saya harapkan kepada adik-adik agar nanti bisa menjalankan tugas pengawasan sesuai dengan tugas dan kewenangan yang diberikan undang-undang. Apabila ada masalah, silakan berkoordinasi dengan Muspika dan kami siap membantu,” ujarnya. (WR)