Ini Pesan Gubernur TGB Kepada Siapa Pun Pemimpin NTB Berikutnya

1402
Foto: Jawa Pos.

LOMBOK BARAT, Warta NTB — Yang menjadi PR bagi siapapun yang akan menjadi pemimpin di daerah ini adalah membenahi rumah tidak layak huni yang jumlahnya puluhan ribu di NTB ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Dr. TGH. M. Zainul Majdi atau yang akrab disapa TGB (Tuan Guru Bajang) saat meresmikan 200 Unit Rehab Rumah Tidak Layak Huni dan Jamban Keluarga bagi masyarakat kurang mampu di Desa Sasele, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, Rabu (13/12/2017).

Lebih lanjut TGB menyampaikan, pemimpin berikutnyan harus bisa menuntaskan masalah degan menghimpun semua potensi yang ada, baik materi maupun non materi, baik uang maupun prrogram perencenaan dan nilai-nilai baik yang berkembang di masyarakat, dikumpulkan untuk menyelasaikan masalah. Antara kemampuan dan tantangan untuk menyelesaikan masalah itu, jarang cukup.

Itu sebabnya, siapapun yang akan menjadi pemimpin NTB di masa yang akan datang perlu memberikan porsi besar serta memprioritaskan program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, seperti memenuhi kebutuhan rumah layak huni.

“Di dalam kepemimpinan itu kita perlu menentukan prioritas yang tidak hanya dikerjakan oleh seorang pemimpin sekarang, namun juga oleh pemimpim pemimpin berikutnya,” tegas TGB.
Selain itu, TGB juga menekankan bahwa seluruh potensi yang ada di masyarakat harus dihimpun dan dilibatkan.

“Alhamdulillah, pada kesempatan ini salah satu potensi yang dapat kita himpun adalah potensi zakat. Yang dihimpun dari masyarakat muslim NTB dan dikembalikan kepada saudara kita yang membutuhkan,” pungkasnya.

Ketua Bazna NTB, melaporkan bahwa sekitar 200 kepala keluarga yang memiliki rumah tidak layak huni mendapat bantuan. Bantuan masing masing senilai 15 juta tersebut katanya dipergunakan untuk merehabilitasi rumah dan jamban.

“Kriteria yang mendapatkan bantuan ini adalah mereka harus Mustahik atau orang yang berhak menerima zakat,”. ungkapnya. [WR-01]