Hj. Ellya Lutfi Lantik Pengurus Dekranasda Kota Bima Periode 2018-2023

618

KOTA BIMA, Warta NTB – Ketua Dekranasda Kota Bima Ny. Hj. Ellya H. Muhammad Lutfi melantik Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bima Periode Tahun 2018-2023, Rabu (9/1/2019) di Gedung Seni dan Budaya.

Pelantikan berdasarkan Surat Keputusan Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi NTB Nomor: 26/Dekranasda-NTB/SK/X/2018. Susunan Pengurus Dekranasda Kota Bima Periode Tahun 2018 – 2023 yakni Ketua Ny. Hj. Ellya H. Muhammad Lutfi, Wakil Ketua Ny. Jumriah Fery Sofiyan, Wakil Ketua Ny. Sari Destianti, Ketua Harian Ny. Hj. Salmah Mukhtar, Sekretaris Sunarti, S. Sos.,M.Si, dan Bendahara Anik Kartika, SE.

Ketua Bidang Program, Pengembangan Produk dan Seni Budaya adalah Kabid Industri dan Perdagangan Diskoperindag Kota Bima; Ketua Bidang Pameran, Kerjasama dan Promosi adalah Kabid Promosi dan Pemasaran Dinas Pariwisata Kota Bima; Ketua Bidang Pengembangan Usaha adalah Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Diskoperindag Kota Bima; Ketua Bidang Penggalangan Dana adalah Kepala BPKAD Kota Bima; dan Bidang Humas dan Dokumentasi adalah Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Bima.

Hadir pada pelantikan tersebut, Walikota Bima H. Muhammad Lutfi SE, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Bima, para Staf Ahli Walikota, Asisten Setda, Pimpinan OPD, Camat dan Lurah Lingkup Pemerintah Kota Bima, pimpinan BUMN/BUMD, serta pimpinan organisasi wanita se-Kota Bima.

Ketua Dekranasda Kota Bima menyampaikan, Dekranasda adalah sebuah wadah yang menampung semua insan seni yang memiliki kemampuan di bidang seni khususnya seni kerajinan tangan dan ekonomi kreatif.

Hj. Ellya mengajak semua pihak untuk dapat memberi apresiasi terhadap keberlanjutan pembangunan di daerah melalui wadah Dekranasda Kota Bima. Selain itu, Pemerintah sebagai dewan penyantun sangat diharapkan kesungguhan dan komitmennya untuk mendorong terlaksananya berbagai program yang ada di berbagai bidang sesuai yang tertuang dalam struktur organisasi Dekranasda Kota Bima.

Ia berharap kepada seluruh pengurus yang dilantik agar memiliki komitmen dan keseriusan dalam menjalankan tugas yang telah diamanatkan demi kemajuan pembangunan di Kota Bima, khususnya di bidang ekonomi kreatif dan kerajinan tangan lainnya.

“Banyak potensi kerajinan tangan dan ekonomi kreatif yang sudah berkembang maupun yang sedang berkembang di Kota Bima, yang perlu didorong agar menjadi sebuah potensi daerah yang dapat dijual di kancah nasional bahkan internasional, seperti tenun songket, anyaman handycraft, anyaman tikar, dan usaha kuliner lainnya. Saya yakin semua potensi ini jika dikembangkan dengan baik dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi di Kota Bima,” ujarnya.

Oleh karena itu, ketua Dekranasda mengharapkan seluruh OPD agar dapat bersinergi dengan berbagai organisasi wanita dalam rangka melaksanakan program Pemerintah agar tercipta kemitraan dan keselarasan dalam membangun daerah.

Sementara itu, Walikota dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus Dekranasda Kota Bima yang dilantik sekaligus menyampaikan harapannya agar acara ini tidak sekedar seremonial, tetapi mampu membangkitkan gairah para pengrajin yang tergabung dalam organisasi Dekranasda maupun organisasi wanita lainnya membantu membangun perekonomian daerah.

Lebih lanjut dikatakannya, salah satu program yang harus dikembangkan adalah konsep ekonomi kreatif yang berbasis budaya lokal.

“Modal ini sudah kita miliki, yaitu produk tenun Bima. Pengembangan produk tenun ini perlu dibina khusus oleh Dekranasda dengan membuat corak khas tenun yang dapat mengangkat identitas Bima atau nilai historis Bima, sehingga dapat dipasarkan di daerah lain bahkan sampai ke luar negeri,” kata Walikota.

Walikota berharap Dekranasda Kota Bima dapat menjalankan perannya secara optimal dengan bekerjasama dinas terkait untuk mengembangkan kreatifitas para pengrajin, dukungan kemudahan akses, jaringan maupun permodalan bagi pengrajin. (WR)