Gubernur NTB Terima Chairman LFC Leiden University

599
Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi menyampaikan keberhasilan suatu program dapat tercapai jika pihak yang bekerja sama memiliki rasa percaya satu sama lain.

Mataram, Wartantb.com – Kepala Biro Humas dan Protokol Setda. Prov. NTB H. Yusron Hadi menyampaikan Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi bertemu dengan Chairman Female Cancer Foundation (FCF) Leiden University Prof. Alexander A.W. Peter di Ruang Kerja Gubernur, Selasa (29/11/2016). Pada kesempatan itu, hadir Ketua FCP Jakarta Dr. H. Dodik SP.Og, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB Dr. Nurhandini Eka Dewi, Direktur RSUD Provinsi NTB Dr. L. Fikri. Female Cancer Foundation (FCF) melakukan Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Serviks dan Periksa IVA di seluruh Kabupaten/Kota di Pulau Lombok. Rencanannya, besok mereka akan melanjutkan program tersebut di Kabupaten Bima.

Prof. Alexander A.W. Peter mengucapkan rasa terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh pemerintah, akademisi, dan masyarakat dalam sosialisasi deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara. “Selama kami melakukan sosialisasi ini di Pulau Lombok, Kami merasa terhormat dan senang perempuan di Lombok mulai sadar betapa pentingnya screening atau deteksi dini kanker serviks dan payudara,” ujarnya. Ia, berharap Provinsi NTB bisa menjadi daerah pertama yang bebas kanker serviks dan payudara.

Lebih lanjut, Prof. Peter berharap terjalinnya hubungan yang baik dengan pemprov. NTB dapat terwujud dalam bidang-bidang yang lain. Jika kerja sama ini berjalan dengan baik maka tidak menutup kemungkinan jika kerja sama ini berlanjut ke bidang pendidikan. Kebetulan dalam program ini, Female Cancer Foundation (FCF) bekerja sama dengan fakultas kedokteran di Universitas Mataram,” ucap Profesor dari Leiden University ini.

Peter melihat program ini bisa berhasil karena bantuan berbagai pihak, terutama komitmen yang kuat dari Ketua TP. PKK Provinsi NTB Hj. Erica Zainul Majdi yang ingin agar perempuan di NTB sadar akan pentingnya menjaga kesehatan, terutama penyakit kanker pada wanita. Hal ini dibuktikan selama tahun 2015, TP. PKK Provinsi NTB telah mengunjungi 10 Kabupaten dan kota untuk mensosialisakan deteksi dini kanker serviks.

Menanggapi kunjungan tersebut, Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi menyampaikan keberhasilan suatu program dapat tercapai jika pihak yang bekerja sama memiliki rasa percaya satu sama lain. Ia ingin program yang dilakukan oleh FCF dapat menjangkau Kota Bima, Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Dompu.

“Provinsi NTB menjadikan kesehatan sebagai prioritas utama dalam pencapaian kinerjanya. Saya melihat keberhasilan suatu daerah dilihat dari masyarakat yang sadar akan kesehatan dan fasilitas kesehatan yang memadai, karena masyarakat yang sehat adalah kunci terwujudnya keluarga yang sejahtera,” pungkasnya. (Hum)