Gelar Penyuluhan UMKM, Kodim 1608/Bima Gandeng Babuju Mandiri dan Disperindag

148

KOTA BIMA, Warta NTB – Kodim/1608 Bima menggelar penyuluhan Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) dalam rangka Bimbingan Teritorial (Binter) Terpadu di wilayah Kodim 1608/Bima tahun anggaran 2019.

Binter yang digelar di aula Makodim Bima, Selasa (22/10/2019) melibatkan Mitra Karir dan para Babinsa yang bertugas di wilayah Kota Bima dikhususkan bagi kelompok warga masyarakat yang terdampak bencana Banjir 2016 yang lalu.

Sebagai Narasumber dalam Binter kali ini, Kodim 1608 Bima mengundang Julhaidin, atau yang lebih akrab disapa Rangga Babuju (Founder Babuju Mandiri) dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kota Bima, yang diwakili oleh Rafik, Kabid Koperasi dan UMKM.

Dalam sambutan Dandim 1608/Bima Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra yang disampaikan Kapten Inf Nasyrudin, Pasiter Kodim 1608 Bima, bahwa kegiatan Pembekalan wirausaha bagi Mitra Karir seperti ini setiap tahun dilakukan.

“Salah satu upaya TNI dalam membangun kemandirian rakyat adalah melalui pendekatan ekonomi. Pendekatan ini kami lakukan setiap tahun secara terbatas dengan memberikan pembekalan informasi dan strategi berwirausaha pada warga masyarakat Mitra Karir dan Babinsa masing-masing wilayah” jelasnya pada momentum pembukaan Binter.

Sementara Rangga Babuju, lebih banyak mengupas soal Dinamika dan permasalahan terkini sehingga penting untuk merintis dan mengembangkan sektor wirausaha pada segmentasi ekonomi kreatif.

Rangga menyebutkan, salah satu cara agar dapat bertahan hidup diera yang serba kompetitif ini, yaitu dengan mendorong peningkatan kapasitas ekonomi kreatif bagi masyarakat. Penguatan dan peningkatan ekonomi kreatif ini menjadi ‘kunci’ pengembangan ekonomi di daerah pada masa kini dan masa depan.

“Hingga hari ini, kita kerap kalah dalam hal kemasan. Kemasan produk ini harus dijadikan peluang sehingga berpotensi meningkatkan value dan hasil dari usaha yang kita bangun,” tegasnya dihadapan peserta.

Rafik, mewakili kadis Peridag kota Bima menekankan pada pentingnya Inovasi produk. “Peserta yang hadir tentu sudah memiliki usaha meski memang masih kecil-kecilan, tetapi bukan berarti harus berkecil hati. Sebab, dengan inovasi produk yang sudah ada saja, kita bisa menarik segmentasi konsumen baru pada kita,” ungkapnya menjelaskan.

Lebih lanjut, Rafik meyakinkan para wirausaha yang baru atau star up ini untuk konsisten memaksimalkan manajemen standar usaha yang dipakai. “Kami di perindag Kota Bima, siap menfasilitasi dan memberikan solusi atas konsultasi persoalan produksi dan pemasaran produk bapak ibu sekalian,” paparnya menyakinkan.

Kegiatan Binter yang berakhir siang pukul 12:00 wita ini dihadiri oleh lebih dari 35 peserta mitra karir Kodim Bima dan belasan Babinsa yang berada dari wilayah teritorial mitra karir yang hadir. (WR)