Gala Desa Tingkat Kabupaten Bima Dibuka, Diharapkan Lahir Atlet Muda Berbakat

606
Pembukaan Gala Desa Tingkat Kabupaten Bima Tahun 2018

BIMA, Warta NTB – Gala Desa Tingkat Kabupaten Bima tahun 2018 resmi dibuka. Pembukaan yang berlangsung di lapangan Desa Talabiu Kecamatan Woha, Sabtu (13/10/2018) turut dihadiri staf ahli bidang politik Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) Dr. Yuni Poerwati M.Si.

Pada kesempatan tersebut Yuni Poerwati menyampaikan, Gala Desa adalah program unggulan yang disiapkan Kemenpora dalam rangka mencari calon-calon atlet yang ditemukan di desa-desa yang kurang mendapatkan kesempatan. Ini juga sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam mendukung pembinaan olahraga.

Dengan kegiatan Gala Desa Kemenpora membuktikan komitmen serta keseriusan untuk menyentuh langsung tingkat kebahagian masyarakat melalui gerakan Ayo Olahraga melalui program Gala Desa.

“Sehingga dengan kegiatan ini akan menggairahkan olahraga di tataran kelompok masyarakat terbawah. Dan program ini ke depan diharapkan mampu menciptakan bibit-bibit baru dan atlet muda berbakat dari cabang olahraga yang dipertandingkan,” katanya.

Lebih lanjut, Yuni Poerwati mengatakan, gala desa memberikan dampak positif terhadap muculnya bibit-bibit atlet baru yang ke depan akan menjadi atlet berprestasi, sehingga sedini mungkin perlu dijaring dan dibina secara berjenjang dan berkesinambungan sehingga mampu berkiprah di tingkat Nasional maupun internasional.

“Maksud diadakan kegiatan ini yaitu untuk mendukung kebijakan revolusi mental melalui olahraga dan mendukung kebijakan pembangunan mulai dari tingkat desa, sehingga ke depan menjadi masyarakat yang sehat, bugar dan terciptanya ketahanan sosial, rasa persaudaraan, sportivitas, disiplin dan karakter yang tangguh,” ungkapnya.

Yuni Poerwati berharap, Gala Desa mampu menciptakan budaya olahraga di level kelompok masyarakat yang terkecil, yakni di perdesaan atau kelurahan dengan demikian, indeks kebugaran masyarakat Indonesia yang kurang dari 15 persen, kedepanya bisa ditingkatkan secara signifikan menjadi minimal 30 persen.

Sementara, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri sebelum membuka Kick Off Gala Desa tahun 2018 mengatakan, dengan adanya kegiatan gala desa dapat membangkitkan semangat masyarakat untuk lebih aktif berolahraga.

“Olahraga harus menjadi budaya masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, maka dari itu melalui kegiatan olahraga akan melahirkan olah pikir, olah hati, dan olah rasa, sehingga olahraga tidak hanya dapat menjaga kebugaran fisik, tetapi sekaligus menumbuhkan semangat kekeluargaan, kebersamaan, serta persatuan dan kesatuan,” kata Bupati.

Dengan demikinan, kata Bupati, melalui kegiatan olahraga yang berjenjang, akan diperoleh atlet berbakat dan potensial yang kelak akan  mengharumkan nama derah, bangsa dan negara di kancah Internasional.

Seperti kita ketahui bersama di Wilayah Kabupaten Bima memiliki banyak atlit potensial yang berbakat menorehkan dan mengharumkan nama daerahnya seperti saudara Adrian peraih medali emas pada cabang Olahraga lari 4 x 400 meter pada pecan olahraga Nasional beberapa waktu yang lalu.

sehingga melalui kegiatan kick Off Gala Desa yang dilaksanakan ini akan lahir talenta muda para atlet yang dapat mengharumkan nama daerahnya di kancah Nasional maupun internasional. Ujarnya.

Bupati Bima berharap, melalui kegiatan Kick Off Gala Desa menjadi wadah untuk mengembangkan dan menciptkaan bibit-bibit atlet berbakat dari beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan dalam olahraga gala desa tersebut.

“Semoga dengan penyelenggaraan kegiatan ini dapat mengembalikan jiwa olahraga masyarakat Kabupaten Bima dan saya bersama seluruh masyarakat Kabupaten Bima siap mensukseskan kegiatan gala desa tahun 2018 ini,” kata Bupati dihadapan Dr. Yuni Poerwati.

Kepala Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima H. Ma’ruf, SE mengatakan, jumlah peserta yang mengikuti pertandingan ini diantaranya cabang olahraga Sepak Bola diikuti sebanyak 38 tim, Cabang Olahraga Volly Ball Putera diikuti sebanyak 24 tim dan Volly Ball Puteri diikuti seebanyak 15 tim, cabang Olahraga Atletik diikuti Peserta Putera diikuti sebanyak 150 orang peserta dan Putri diikuti oleh 120 0rang peserta, Cabang Olahra Tenis Meja diikuti sebanyak 50 orang atlet Putra dan 20 orang atlet Putri.

Sedangkan untuk lokasi kegiatan, kata H. Ma’ruf dibagi dibeberapa lokasi seperti pelaksanaan cabang olahraga sepak bola di laksanakan di lapangan talabiu Kecamatan Woha, cabang olahra Volly Ball akan dilaksanakan di desa Rupe Kecamatan Langgudu, Cabang Olahraga Atletik akan dilaksanakan di desa Sie Kecamatan Monta serta Cabang Olahaga Tenis Meja akan dilaksanakan di desa O’O Kecamatan Donggo.

“Waktu pelaksanakan gala desa tingkat kabupaten yaitu selama dua bulan mulai tanggal 13 Oktober sampai dengan tanggal 13 November 2018 mendatang,” terang H. Ma’fuf.

Turut hadir dalam aca pembukaan Wakil Bupati Bima Drs. H. Dahlan M.Noer, Kapolres Bima Kabupaten AKBP Bagus Satrio Wibowo SH S.Ik, Dandim 1608 Bima Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra, Para Assisten Lingkup Pemerintah Kabupaten Bima, para Kepala OPD Lingkup Pemkab Bima, Kepala Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima beserta jajaranya, para camat, Toga, Toma, serta warga masyarakat setempat

Gala desa tingkat Kabupaten Bima dibuka dengan penyerahan piala bergilir kepada Bupati Bima dan tendangan bola perdana yang dilakukan oleh staf ahli bidang Politik Kemenpora RI Dr. Yuni Poerwati dalam pertandingan olahraga sepak bola yang mempertemukan kesebelasan Granat Talabiu melawan Tim Samili FC. (WR)