“Evakin” SMA 2 Monta Dinilai Sangat Baik Oleh Tim Provinsi NTB

284
Tim Penilai Evakin Awaludin S.Pd M.Pd (kiri) bersama Kepala SMAN 2 Monta Nazamuddin, S.Pd (kanan).

BIMA, Warta NTB – Perwakilan Tim Penilai Evaluasi Kinerja (Evakin) Kepala Sekolah utusan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB melakukan penilain Evaluasi Kinerja Kepala Sekolah SMAN 2 Monta yang dilaksanakan di aula gedung SMKN 1 Monta Desa Sie, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima, Rabu (26/10/2020).

Penilain ini juga bersamaan dengan dua sekolah menengah atas lainnya seperti SMKN 1 Monta dan SMAN 1 Monta. Selain dihadiri oleh kepala sekolah SMAN 2 Monta Nazamuddin, S.Pd. Kegiatan ini juga dihadiri oleh dewan guru SMAN 2 Monta, serta Plt Kepala SMKN 1 Monta Adhar, S.Pd dan dewan guru SMKN 1 Monta sementara untuk penilaian Evakin kepala SMAN 1 Monta dilakukan di gedung sekolah sendiri di Desa Tangga, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima.

Tim Penilai Evakin Awaludin S.Pd M.Pd yang dimintai tanggapannya tentang penilaian Evakin SMAN 2 Monta mengatakan, terhadap penilaian evaluasi kinerja kepala sekolah SMAN 2 Monta dinilai sangat baik.

“Saat ini SMAN 2 Monta tengah menggejot perubahan dan perbaikan sistem dan penampilan wajah sekolah yang insya Allah pada tahun 2024 SMAN 2 Monta akan menjadi salah satu sekolah yang berperan penting dalam mewujudkan NTB Gemilang,” ujarnya.

Awaludin menjelaskan, tujuan pelaksanaan Evakin adalah sesuai dengan amanah Permendikbud Nomor 6 tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah. Dalam Evakin kepala sekolah dinilai dalam hal kompetensi manajerial, kompetensi supervisi, kompetensi kewirausahaan, dan kompetensi pengembangan diri berkelanjutan.

“Instrumen lain yang juga dinilai adalah strategi yang dikembangkan Dinas Dikbud Provinsi NTB yakni pendidikan yang membanggakan seperti profil, pelayanan, penampilan dan prestasi sekolah yang biasa disebut (4P).” jelasnya.

Sementara Kepala SMAN 2 Monta, Nazamuddin menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia dan dewan guru yang telah ikut membantu dan bekerja keras sehingga Evakin dapat berjalan dengan baik.

“Penilain Evakin ini berjalan dengan baik tidak terlepas dari peran semua unsur yang ada di sekolah mulai dari penitia hingga dewan guru yang ikut membantu memberikan ide dan gagasan dalam melengkapi kinerja kepala sekolah untuk mewujudkan sekolah yang ideal seperti yang diharapkan,” ujarnya. (WR-Al)