Dorong Tumbuhnya Usaha Ekonomi Kreatif, Dispar Kota Bima Gelar Diklat Kerajinan Tangan

195
Diklat Kerajinan Tangan yang digelar Dinas Pariwisata Kota Bima di Aula SMKN 3 Kota Bima. Selasa (28/5/ 2019).

KOTA BIMA, Warta NTB – Dinas Pariwisata Kota Bima menggelar Diklat Kerajinan Tangan di Aula SMKN 3 Kota Bima. Selasa (28/5/ 2019). Kegiatan ini dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asisten II) Setda Kota Bima Ir. Hj. Rini Indriati.

Hadir dalam acara pembukaan tersebut Plt Kepala Dinas Pariwisata Sunarti S.Sos MM dan beberapa Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kota Bima.

Dalam laporan nya, Plt Kadis Pariwisata Sunarti S.Sos selaku panitia penyelenggara kegiatan mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan para pelaku ekonomi kreatif yang tangguh dan mandiri, menciptakan lapangan kerja baru dan mengurangi tingkat pengangguran serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para pelaku ekonomi kreatif.

Sunarti  menjelaskan, kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 28-30 Mei 2019 bertempat di ruang Praktek Program Tekstil SMKN 3 Kota Bima. Jumlah peserta sebanyak 50 orang terdiri dari anggota Bank Sampah Kota Bima, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan unsur lainnya.

“Manfaat kegiatan ini akan terjaga dan terlestarinya lingkungan hidup dimana masyarakat dapat mengubah sampah menjadi material yang memiliki nilai ekonomi,” ujarnya.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. Hj. Rini Indriati mengatakan, berbicara soal kerajinan, maka tidak terlepas dari pariwisata, Industri kerajinan tangan merupakan industri yang menyumbang paling banyak tenaga kerja karena bisa memanfaatkan Sumber Daya Alam yang ada.

Pada kesempatan tersebut, Asisten perekonomian dan pembangunan juga mengajak seluruh peserta agar memanfaatkan kegiatan ini untuk membuka lapangan kerja baru.

“Jangan mencari kerja tapi berusahalah untuk berinovatif dan menciptakan lapangan kerja baru dengan memanfaatkan hasil dari pelatihan yang kita hadiri pagi ini,” ajak Asisten.

Diakhir sambutannya, ia berharap agar seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan memanfaatkan ilmu yang didapat dari pelatihan ini agar bisa menjadi pelaku usaha yang sukses. (WR-Jul)

Komentar Facebook di sini