Dinas Perkim Kabupaten Bima Raih Penghargaan Pengelola Sanitasi Terbaik Wilayah Timur

522

BIMA, Warta NTB – Kiprah Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kabupaten Bima dalam pengelolaan sanitasi mendapatkan pengakuan dari Kementerian PUPR.

Kabid Cipta Karya Dinas Perkim Kabupaten Bima Syarif H. Ndae ST, MT, Senin (4/11/2019) mengatakan, Kabupaten Bima mendapatkan penghargaan terbaik bidang sanitasi wilayah timur dalam pengelolaan dana alokasi khusus (DAK) Tahun Anggaran 2019.

Keberhasilan diperoleh atas kerja keras Tim Sanitasi Dinas Perkim dalam pengelolaan Sistem Pelaporan DAK Bima yang terintegrasi. “Penghargaan tersebut diserahkan oleh Dirjen dan Gubernur Sulawesi Selatan pada Konsultasi Program Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020 dalam Pembinaan Infrastruktur Wilayah Timur yang berlangsung tanggal 4 sampai 6 November 2019 di Hotel Claro Makassar,” ungkapnya.

Dijelaskan Syarif, jumlah paket DAK sanitasi Kabupaten tahun anggaran 2019 sejumlah 29 paket dengan realisasi kemajuan fisik mencapai 100 persen dan realisasi keuangan mencapai 96 persen.
Sistem pelaporan dana alokasi khusus (DAK) dan e-monitoring dilakukan secara terintegrasi dengan aplikasi monitor MATAROA yang memungkinkan aspek pelaporannya sangat mudah diakses oleh seluruh elemen masyarakat.

Ditambahkannya, meskipun banyak kabupaten dan kota lain dari sisi dan keuangannya lebih baik, tetapi penerapan e-monitoring Kabupaten Bima lebih bagus dan terintegrasi mendapatkan pengakuan dari pemerintah. (WR)